Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

PERAIRAN LAUT PULAU RAMBUT SURGA BAGI PENELITIAN MARINE BORERS

01 Desember 2016, 17:54 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

Salah satu jenis marine borers Teredo navalis (Sumber: http://makraysblog.blogspot.co.id/2009/09/teredo-navalis.html).

(P3HH FOKUS) JAKARTA - Secara administrasi perairan Pulau Rambut termasuk wilayah Kelurahan P. Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Sedangkan secara status wilayah kawasan konservasi ini termasuk kawasan Suaka Margasatwa di bawah pengelolaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta. Secara geografis perairan P. Rambut terletak di sebelah utara Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten dengan jarak sekitar 30 km melalui Pantai Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga. Secara astronomis terletak pada 106,50 BT dan 5,50 LS. Lokasi Peta P. Rambut dapat dilihat pada Gambar 1

Gedung kayu1a_1

Peta Pulau Rambut di Kepulauan Seribu (Sumber: http://makraysblog.blogspot.co.id/2009/09/teredo-navalis.html).

Data suhu dan salinitas rata-rata perairan Pulau Rambut hasil pengukuran di beberapa lokasi adalah 34,0ºC dan 29,7 %o. Hasil pengukuran salinitas ini tidak berbeda jauh dengan hasil pengukuran yang pernah dilakukan oleh Muslich & Sumarni (1987a) yaitu 30-34%o. Pengukuran suhu dan salinitas idealnya dilakukan tiga kali yaitu pada pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB, siang hari sekitar pukul 12.00 WIB, dan sore hari sekitar pukul 17.00 WIB. Selain suhu dan salinitas air laut, faktor arus dan pasang-surut air laut juga mempengaruhi kehidupan marine borers (binatang laut penggerek kayu) (Muslich & Sumarni, 1988). Laut yang mempunyai ombak yang relatif tenang seperti perairan Teluk Jakarta sangat ideal untuk kehidupan marine borers. Ombak di perairan P. Rambut relatif tenang, tetapi pada bulan-bulan Desember, Januari, dan Februari ombaknya relatif agak besar, meskipun tidak sebesar ombak Samudera Indonesia.

Perairan P. Rambut masih jernih dan banyak ditemukan landak laut atau bulu babi (Echinoidea), kerang laut, rumput laut, siput laut, berbagai jenis ikan karang, dan berbagai jenis terumbu karang. Kegiatan penelitian yang berkaitan dengan marine borers (binatang laut penggerek kayu) antara lain:
- Pengujian keawetan alami beberapa jenis kayu terhadap marine borers.
- Pengujian ketahanan kayu yang telah diawet dengan bahan pengawet kimiawi terhadap marine borers.
- Penelitian tentang jenis-jenis marine borers.
- terhadap marine borers.
- Penelitian pengaruh lingkungan perairan terhadap laju serangan marine borers.

agus1

Gambar 2. Penulis saat mempersiapkan pengujian keawetan alami kayu terhadap marine borers menuju perairan P. Rambut (Foto: Dede R.).

Adapun binatang laut penggerek kayu yang ada di perairan P. Rambut adalah anggota filum Mollusca famili Teredinidae dan Pholadidae. Jenis-jenis yang pernah ditemukan adalah Bankia campanellata Moll/Roch, Teredo bartschi Clapp., dan Dicyathifer manni Wright. yang tergolong famili Teredinidae. Sedangkan anggota famili Pholadidae yang pernah ditemukan di perairan ini adalah jenis Martesia striata Linne. Jenis-jenis binatang laut penggerek kayu dari kedua famili tersebut dapat berkembang normal di air laut yang mempunyai salinitas 10-30%o, di bawah salinitas tersebut binatang ini akan mati setelah beberapa minggu (Muslich & Sumarni, 1987b)

Daftar Pustaka:
Muslich, M., & Sumarni, G. (1987a). Pengaruh salinitas terhadap serangan penggerek kayu di laut pada beberapa jenis kayu. Jurnal Pen. Hasil Hutan 4 (2), 46-49.
Muslich, M., & Sumarni, G. (1987b). Marine borers dan permasalahannya. Jurnal Litbang Kehutanan III (2), 17-23.
Muslich, M., & Sumarni, G. (1988). Pengaruh kondisi lingkungan terhadap serangan penggerek kayu di laut. Jurnal Pen. Hasil Hutan 5 (5), 294-297. (AI)

Penulis: Drs. Agus Ismanto

Editor: Dr. Krisdianto


Lampiran: 0
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )