Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

RIMBAWAN BERIKAN PENGHORMATAN DAN MULIAKAN JASA PAHLAWAN RIMBAWAN DI KAMPUS BADAN LITBANG DAN INOVASI BOGOR

15 Maret 2017, 16:58 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

Kepala Badan Litbang dan Inovasi (Dr. Henry Bastaman, MES) memberikan sambutan pada Acara Renungan Suci di Kampus BLI Bogor (15/03/2017)

(P3HH INFO) BOGOR - Jajaran manajemen dan karyawan/karyawati Pusat Litbang Hasil Hutan (P3HH) bersama jajaran Rimbawan lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang ada di Jakarta dan Bogor mengikuti acara “Renungan Suci” di Kampus Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Bogor pada hari (Rabu, 16 Maret 2017). Renungan suci ini merupakan bentuk penghormatan sekaligus memperingati jasa-jasa pahlawan rimbawan yang gugur/hilang saat menjalankan tugas negara di bidang kehutanan. Menteri LHK dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal KLHK, (Ir. Bambang Hendroyono, MM.) menyatakan bahwa “Renungan Suci” ini merupakan salah satu dari rangkaian acara peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-34 Tahun 2017 tingkat Pusat, yang berlangsung mulai dari 10 hingga 16 Maret 20167, dengan mengambil tema “Dengan Semangat Kerja Nyata, Rimbawan Indonesia Bertekad Menjaga Kelestarian Hutan untuk Meningkatkan Pembangunan Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan”.

Tema Hari Bakti Rimbawan tahun 2017 ini mengamanatkan kita selaku para rimbawan untuk lebih bersemangat dalam menjalankan kewajiban kita dengan mewujudkan kerja nyata dalam posisi apapun dan dimanapun. Kami menekankan inilah saat yang tepat untuk saling bahu membahu dalam mewujudkan pola pengelolaan kehutanan dan lingkungan hidup yang berkelanjutan dan sejalan dengan Nawa Cita dengan menginternalisasi sembilan nilai dasar rimbawan yaitu: jujur, tanggung jawab, disiplin, ikhlas, visioner, adil, peduli, kerjasama, dan profesional, dalam pengabdian kita selaku rimbawan, demikian Menteri LHK menandaskan dalam amanatnya.

Acara dihadiri oleh perwakilan jajaran pejabat eselon-1 KLHK, antara lain Sekjen KLHK, Staf Ahli Menteri dan Tenaga Ahli Menteri dan Kepala BLI serta jajaran institusi Puslitbang dan Setbalitbang lingkup BLI serta perwakilan institusi kantor KLHK yang ada di Bogor. Selain itu, acara dihadiri juga oleh para pensiunan dan keluarga almarhum rimbawan kehutanan yang gugur saat menjalankan tugas. bertugas lingkup KLHK.

Kepala Badan Litbang dan Inovasi, Dr. Henry Bastaman dalam sambutannya menyatakan bahwa acara Renungan Suci ini diselenggarakan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT, Tuhan YME sebagai bentuk introspeksi diri, kontemplasi, untuk berpikir dengan benak yang bersih terhadap apa yang telah kita lakukan sebagai seorang rimbawan dalam membangun kehutanan yang lestari dan menjaga lingkungan hidup untuk kemaslahatan umat manusia. Renungan suci juga dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan rimbawan yang dengan penuh dedikasi menjalankan tugas negara, namun harus kehilangan nyawa, dan gugur meninggalkan keluarga yang dicintainya. Rasanya tidak cukup pengabdian kita saat ini untuk menggantikan pahlawan rimbawan dalam bekerja membangun kehutanan. Kiranya semangat para pahlawan yang gugur dapat memacu kita dalam bekerja, menciptakan inovasi-inovasi baru dalam penelitian dan pengembangan serta dapat berkontribusi dalam pembangunan, terutama untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang tinggal di sekitar hutan.

Lebih jauh Dr. Henryi Bastaman menyampaikan bahwa, hingga saat ini tercatat beberapa orang pahlawan rimbawan yang gugur saat menjalankan tugas negara yang telah tertulis dalam tugu peringatan yang ada di Kapus BLI Bogor, yaitu:

1. Pahlawan yang gugur / hilang saat menjalankan survei di areal hutan di Kab. Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah pada 10 Juni 1972, yaitu:
• Alm. Ir. Yayan Syamsul Alam
• Alm. Yusdi
• Alm. Nur Said, B.Sc
• Alm. KM. Husein
• Alm. Setia Negara

2. Alm. AP. Limbong Alo (Kepala RPH Wilayah Kehutanan Poso, Sulawesi Tengah) yang gugur/hilang saat menjalankan tugas dinas pada Januari 1972 di Teluk Tomini antara Poso dan Parigi, Sulawesi Tengah.

3. Pahlawan rimbawan yang gugur/hilang saat menjalani operasi penerbangan kehutanan di Kalimantan Selatan pada 12 Februari 1988 yaitu:
a. Alm. Kapt. Penb. Lektor Panjaitan
b. Alm. Lettu. Penb. C. Tobing
c. Alm. Peltu. Sadikin
d. Alm. Sertu Guntoro

4. Pahlawan rimbawan yang gugur saat pemadaman kebakaran hutan dan lahan serta pemberantasan ilegal logging yaitu:
a. Alm. Dulman Efendi, Kepala Resort SM Cikepuh BBKSDA Jawa Barat gugur saat memadamkan kebakaran hutan di SM Cikepuh, gugur 12 September 2015.
b. Alm. Pratu. Wahyudi, Anggota TNI anggota Detasemen Rudal 004 Dumai, dalam upaya pemadaman api di Kab. Rokan Hilir Riau, yang hilang selama 6 hari dan ditemukan meninggal pada 23 Agustus 2016.
c. Alm. Fransiskus Luwu, Polisi Kehutanan Penyelia di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Prov. Sulawesi Tenggara, dalam upaya pemberantasan ilegal logging pada 15 Januari 2017.

Selain itu Dr. Henry Bastamana juga menyampaikan pula bahwa, para pahlawan rimbawan yang dimuliakan atas laku yang dibuatnya melebihi panggilan tugasnya. Semoga kegigihan dan daya juang para pahlawan rimbawan yang telah gugur menjadikan semangat bagi rimbawan penerus generasi sekarang dan mendatang.

Selepas acara tersebut kemudian dilangsungkan acara ramah tamah dan foto bersama antara jajaran pejabat eselon-1 KLHK dengan keluarga pahlawan rimbawan yang berkesempatan hadir beserta beberapa peneliti senior dan Profesor Riset. Pada kesempatan tersebut beberapa diantara pejabat eselon-1 juga memanfaatkan waktu untuk mengenal lebih jauh tentang kampus BLI dengan berkeliling mengunjungi beberapa fasilitas penelitian yang ada di Kampus Badan Litbang dan Inovasi, Bogor menyambangi beberapa kegiatan penelitian yang ada di Laboratorium BLI diantaranya “Xylarium Bogoriense 1915” di P3HH Bogor. Pada kesempatan tersebut, beberapa pejabat yang mengunjungi Xylarium yaitu beberapa Tenaga Ahli Menteri (TAM) KLHK beserta beberapa tamu asing dari Kyoto University Jepang mendapatkan penjelasan tentang Xylarium Bogoriense Dr. Krisdianto, salah satu selaku peneliti anatomi kayu di P3HH dan didampingi jajaran manajemen P3HH. (ATH)


Sekjen1

Sekjen KLHK (Ir. Bambang Hendroyono, MM) mewakili Menteri KLHK membacakan sambutan Menteri KLHK




RU1a

Suasana upacara renungan suci di kampus BLI Bogor (15/03/2017)



RU2a

Dr. Krisdianto memberikan penjelasan kepada kunjungan tamu dari Jepang dan Tenaga Ahli Menteri KLHK (15/03/2017)

Penulis : Ayit T. Hidayat

Editor: Dr. Krisdianto


Lampiran: 0
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )