Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

SOSIALISASI DAN KONSULTASI TEKNIS PUSAT UNGGULAN IPTEK (PUI) OLEH KEMENRISTEK DIKTI MENUJU PUSAT UNGGULAN IPTEK PEMANFAATAN HASIL HUTAN TROPIS

31 Maret 2017, 10:14 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

Sambutan Kepala Pusat Litbang Hasil Hutan (Dr. Dwi Sudharto) Sosialisasi dan Konsultasi Teknis PUI di Ruang Sudiharto



(P3HH INFO)Bogor, 24/03/2017 - Tim Pusat Unggulan Iptek (PUI) dari Kemenristek Dikti berkesempatan mengadakan sosialisasi Pusat Unggulan Iptek (PUI) di kampus Litbang, Jl. Gunung Batu, 5 Bogor. Acara sosialisasi dirancang pada pagi hari dari Pukul 09.00 WIB, diikuti oleh seluruh satuan kerja Badan Litbang dan Inovasi melalui teleconference. Acara sosialisasi diakhiri pukul 12.30 WIB, dan dianjutkan dengan konsultasi teknis tim PUI P3HH dengan tim PUI Kemenristek Dikti.

Pada acara konsultasi teknis, acara dibuka secara resmi oleh Dr.Ir. Dwi Sudharto, MSi., selaku Kepala Pusat Litbang Hasil Hutan (P3HH). Dalam kesempatan tersebut, diputarkan video informasi tentang aren untuk bioetanol dan pengolahan limbah kelapa sawit. Dr. Sudharto juga memaparkan capaian, prestasi, dan hasil-hasil penelitian yang telah dicapai oleh P3HH. Dalam kesempatan berikutnya, Dr. Krisdianto selaku ketua tim PUI P3HH memaparkan progres sementara P3HH dalam usahanya mendapatkan predikat Pusat Unggulan Iptek PUI. Dalam paparan tersebut, dilaporkan bahwa tim PUI P3HH telah mempersiapkan dokumen terkait dan masuk dalam pendaftaran PUI secara online dan self assessment yang dilakukan oleh tim. Progres sementara menunjukkan bahwa skor self assessment menunjukkan nilai 850,06, yang menjadi indikator baik pengusulan P3HH sebagai PUI.

Nilai sementara tersebut menunjukkan bahwa P3HH mampu untuk mendapatkan PUI, untuk itu tim masih harus bekerja keras untuk mempertahankan nilai tersebut dengan menyediakan bukti fisik untuk diverifikasi kebenarannya. Bapak Yudho Baskoro, MSi., MPP. Sebagai Kabid Lembaga Litbang Kemenristek Dikti menyampaikan kegembiraannya bahwa P3HH akan maju dan mendaftarkan diri sebagai kandidat PUI. Peroleh PUI merupakan perjalanan yang panjang dari pengumpulan dan verifikasi dokumen pendukung, penyusunan proposal, dan verifikasi serta penetapan PUI pada 6 Desember 2017. Jika skor berada diantara 700 – 850, maka instansi tersebut masuk dalam kategori pembinaan menuju PUI. Jika skor nilai lebih dari 850, maka instansi tersebut masuk dalam kategori PUI-champion.

Bapak Yudho menyampaikan beberapa keunggulan predikat PUI, diantaranya adalah hak atas uang pembinaan dan insentif untuk mengembangkan kegiatan penelitian, seperti seminar internasional, penulisan jurnal internasional serta pelatihan yang diperlukan bagi peneliti. Dalam proses penetapan PUI, instansi perlu menentukan topik unggulan, agar instansi dapat fokus pada topik PUI yang dipilih.

Dalam pemilihan topik PUI, keempat kelompok peneliti (kelti) telah mengusulkan beberapa topik, diantaranya ‘konservasi dan preservasi kayu tropis’, ‘pengelolaan getah dan resin’, ‘pemanenan hasil hutan’, dan ‘pemanfaatan bioenergi dari hutan’. Dalam perkembangannya, topik unggulan yang dipilih adalah ‘Pemanfaatan Hasil Hutan Tropis’. Seperti disampaikan oleh Bapak Yudho dari Kemenristek, penentuan topik ini harus didasarkan pada kebersamaan dan ciri khas ruang lingkup instansi litbang.

Lebih lanjut Bapak Yudho menyampaikan bahwa hasil formulasi dari Kemenristekdikti, terdapat 27 kriteria penelitian menuju PUI. Kriteria tersebut harus dijadikan sebagai bahan assessmen dari masing-masing instansi pengusul. Jalan panjang yang harus dilalui adalah empat pintu, yaitu yang pertama adalah administrasi, kemudian verifikasi data pada Bulan Juni-Juli, dan tahap ketiga berkaitan dengan masterplan dari institusi selama kurun waktu 3 tahun, 5 tahun, dan 15 tahun. Khusus untuk masterplan selama tiga tahun pembinaan, harus disertai rincian anggaran, dan bagimana meningkatkan angka-angka publikasi apakah nasional atau internasional dan kerjasama penelitian, serta kontrak bisnis untuk melakukan kerjasama.

Dalam penutupan acara konsultasi teknis tersebut, Kepala Pusat Litbang Hasil Hutan menyampaikan kegembiraannya tentang besarnya kemungkinan P3HH mendapatkan PUI. Dr. Dwi Sudharto berpesan agar tim PUI P3HH bekerja berkesinambungan agar skor yang tinggi dapat dipertahankan dan pada akhirnya akan mampu meraih predikat Pusat Unggulan Iptek. Dr. Dwi juga mohon agar Bapak Yudho membuka diri untuk tim P3HH bisa berkonsultasi lebih lanjut untuk mencapai tujuan akhir predikat PUI. (|*|)

PUI0

Foto bersama dengan memperagakan simbol PUI



PUI1a

Kapuslitbang Hasil Hutan memberikan cendera mata, contoh kayu yang ada di Indonesia



Penulis: Dede Rustandi

Editor: Dr. Krisdianto


Lampiran: 0
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )