Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

PATEN DAN STANDAR: ACUAN DALAM KEGIATAN PENELITIAN

21 Juni 2017, 10:12 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

(FOKUS P3HH)BOGOR - Dalam kegiatan penelitian, posisi keberadaan topik suatu kegiatan penelitian atau dikenal dengan istilah state of the art perlu diketahui agar kualitas penelitian terjaga dan hasilnya dapat dimanfaatkan serta diimplementasikan oleh masyarakat luas. Untuk mengetahui posisi suatu penelitian, dapat dilakukan penelusuran data dan informasi ilmiah, sehingga diharapkan tidak terjadi duplikasi informasi dan menghindari tindakan plagiat baik disengaja maupun tidak disengaja. Dengan penelusuran data dan informasi diharapkan penelitian dilakukan untuk menjawab suatu permasalahan dengan dasar ilmiah yang kuat dan tidak hanya menjawab keingintahuan peneliti atau sekedar mengerjakan proyek rutin.

Dengan kemajuan teknologi, penelusuran data dan informasi ilmiah tidak hanya dilakukan di perpustakaan dengan hardcopy, tapi juga dapat dilakukan melalui penelusuran data secara daring (dalam jaringan, online) melalui akses pangkalan data berbayar maupun yang gratis (open access). Salah satu perpustakaan yang menyediakan pangkalan data jurnal ilmiah adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) yang dapat diakses melalui laman http://e-resources.perpusnas.go.id/. Fasilitas akses pangkalan data jurnal ilmiah dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota secara daring pada laman tersebut dengan memberikan nomor kartu tanda penduduk sebagai kartu identitas yang sah. Untuk selanjutnya, anggota perpustakaan dapat mengakses pangkalan data dari mana saja dengan koneksi internet.

Selain publikasi jurnal ilmiah, penelusuran informasi juga perlu dilakukan terhadap buah karya hasil pemikiran peneliti atau tim peneliti dalam bentuk paten dan standar. Paten dan standar merupakan informasi yang penting diketahui sebelum melakukan penelitian untuk menghindari duplikasi dan untuk mendapatkan data yang akurat sesuai standar yang telah ditetapkan. Paten dan standar juga telah dipublikasikan dalam jaringan agar semua orang mendapatkan akses secara mudah. Laman yang memuat

informasi paten secara internasional dan dapat diakses dalam bentuk teks lengkap melalui:
• http://www.uspto.gov/;
• https://worldwide.espacenet.com/;
• https://www.jpo.go.jp/index.htm;
• https//patents.google.com/; dan
• http://www.freepatentsonline.com.
Untuk paten dalam negeri, publikasinya dapat diakses melalui laman http://e-statushki.dgip.go.id.

Standar merupakan sesuatu ukuran yang dapat dijadikan patokan, baik itu standar komoditi, maupun standar mutu serta standar pengujian. Pengetahuan tentang standar diperlukan untuk mengetahui keakuratan data yang diperoleh serta mutu yang disyaratkan untuk sebuah komoditi dan/atau standar untuk menguji sesuatu. Setiap negara memiliki organisasi penerbit standar. Indonesia memiliki Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang mempublikasikan standar pada laman www.bsn.go.id, Malaysia memiliki Department of Standards Malaysia di laman www.standardsmalaysia.gov.my/, dan Brazil memiliki ABNT-Associacao Brasileira de Normas Tecnicas pada laman www.abnt.org.br. Di tingkat regional, cakupan organisasi standar regional adalah ASEAN Consultative Committe for Standards and Quality (ACCSQ, www.aseansec.org/18211.htm) pada tingkat Regional ASEAN dan Pacific Area Standards Congress (PASC, www.pascnet.org) di tingkat Regional Pasifik.

Secara internasional, standar yang dikembangkan dilakukan oleh organisasi standar dunia agar dapat digunakan di seluruh dunia. Standar ini ditetapkan untuk dapat diaplikasikan secara langsung atau dengan modifikasi agar sesuai dengan kondisi lokal. Standar internasional ditetapkan untuk mengatasi perbedaan peraturan teknis dan standar yang dikembangkan secara independen dan terpisah oleh masing-masing negara. Organisasi yang menetapkan dan menerapkan standar internasional adalah American Petroleum Institute (API, www.api.org), American Society for Testing and Materials (ASTM, www.astm.org), British Standards Institution (BSI, www.bsigroup.com), Deutsches Institut für Normung e.V. (DIN, www.din.de/cmd?level=tpl-home&contextid=din), European Computer Manufacturers Association (ECMA, www.ecma-international.org), Institute of Electrical Engineers (IEEE, www.ieee.org/index.html), International Electrotechnical Commission (IEC, www.iec.ch/index.htm), International Organization for Standardization (ISO, www.iso.org/iso/home.html), International Telecommunication Union (ITU, www.itu.int/en/pages/default.aspx), Organization for the Advanced of Structured Information Standards (OASIS, www.oasis-open.org/home/index.php), dan Universal Postal Union (UPU, www.upu.int).***(KS)

Penulis: Dr. Krisdianto

Editor: Gunawan Pasaribu, M.Si

Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )