Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

TOTALITAS DAN KERJA KERAS P3HH GUNA MERAIH PREDIKAT PUSAT UNGGULAN IPTEK (PUI)

11 September 2017, 08:03 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

Kepala P3HH bersama Tim melakukan Verifikasi Borang Data Lapangan (Fact Finding Fact) dengan Tim Seleksi PUI di Gedung BPPT Kemenristekdikti Riset dan Dikti di Jakarta (29/08/2017)



(P3HH INFO)BOGOR - Dari 79 lembaga yang mengikuti seleksi awal, 44 lembaga dinyatakan lolos seleksi tahap pertama dan berhak mengikuti tahap berikutnya yaitu tahap verifikasi borang. Hal tersebut disampaikan Bapak Yudho Baskoro Muriadi, S.Sos, M.Si., selaku penanggung jawab seleksi Pusat Unggulan Iptek (PUI) Kemenristek Dikti pada arahan pembukaan verifikasi borang P3HH. Puslitbang Hasil Hutan merupakan salah satu dari 44 lembaga yang masuk tahap seleksi berikutnya dan melaksanakan verifikasi borang pada 29 Agustus 2017 di Kemenristek Dikti, Jl. MH. Thamrin, Jakarta. Dari jumlah 44 lembaga tersebut, selanjutnya akan dipilih 16 lembaga yang akan masuk kategori ditetapkan dan di bina dalam kerangka Pusat Unggulan Iptek (PUI).

Dalam verifikasi data borang (fact finding) tim P3HH bersama dengan jajaran organisasi yang dipimpin oleh Kapuslitbang Hasil Hutan, telah mempersiapkan diri dengan dokumen untuk menunjang penilaian data borang. Penilaian borang PUI terbagi dalam tiga kapasitas kelembagaan yaitu: kapasitas sumber daya (Sourcing Capacity), kapasitas riset dan pengembangan (Research and Development Capacity), dan kapasitas diseminasi (Disseminating Capacity). Seluruh dokumen dukung beserta produk unggulan dari P3HH telah dipersiapkan dan dikumpulkan dalam empat boks plastik untuk mempermudah proses verifikasi borang di Kemenristek Dikti.

Dalam paparan awalnya, Dr.Ir. Dwi Sudharto, M.Si selaku Kepala P3HH menyatakan bahwa selama proses pengusulan PUI ini, tim PUI yang terdiri dari jajaran pejabat struktural, peneliti dan fungsional umum, telah bahu membahu bekerja bersama dan bekerja keras secara all out, dari mulai persiapan data kelengkapan dan penyusunan proposal guna meraih predikat sebagai lembaga penelitian unggulan atau dikenal dengan istilah PUI. Dalam kesempatan fact finding ini, tim P3HH mengerahkan sekitar 25 orang termasuk diantaranya 2 orang Profesor Riset.

Lebih lanjut Dr. Dwi Sudharto memaparkan bahwa P3HH telah banyak menghasilkan IPTEK unggulan yang telah diserap oleh masyarakat dan banyak menjaring kerja sama dengan berbagai pihak baik perusahaan kehutanan, perusahaan tambang, perguruan tinggi, pemerintah kabupaten maupun kelompok tani. Beberapa IPTEK tersebut diantaranya teknologi arang kayu dan arang kompos bioaktif, teknologi produksi asap cair, teknologi pengolahan limbah batang sawit, teknologi pengolahan bioethanol aren (Arenga pinnata, Merr.), juga adanya koleksi kayu “Xylarium Bogoriense 1915” yang keberadaannya telah diakui secara internasional, dan menduduki peringkat 3 dunia karena banyaknya koleksi kayu otentikdan peran Xylarium Bogoriense sebagai rujukan nasional identifikasi jenis kayu. (ATH)

PUI3a

Tim PUI dari P3HH setelah Verifikasi Borang Data Lapangan (Fact Finding Fact) dengan Tim Seleksi PUI di Gedung BPPT Kemenristekdiktiterian Riset dan Dikti di Jakarta (29/08/2017)



Penulis: Ayit Taufik Hidayat, M.Sc

Editor: Dr. Krisdianto


Lampiran: 0
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )