Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

LANGKAH-LANGKAH AKHIR TAHUN PENYELESAIAN KEGIATAN P3HH

21 November 2017, 10:51 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

Kapus Litbang Hasil Hutan (Dr. Dwi Sudharto) menyampaikan arahan target serapan 98% anggaran sampai akhir tahun 2017



(P3HH INFO)BOGOR - Selasa, 14/11/2017_ Bertempat di Ruang Cendana, Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan melakukan evaluasi kegiatan tahun 2017. Rapat dipimpin langsung oleh Dr.Ir. Dwi Sudharto, M.Si, selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH). Kegiatan ini dihadiri oleh para pejabat lingkup P3HH, pelaksana kegiatan, staf pengelola keuangan dan evaluasi dan pelaporan.

“Waktu efektif kita tinggal 21 hari kerja dan mesti kita manfaatkan sebaik mungkin. Segera cek kegiatan masing-masing, mana yang belum dilakukan. Jika ada masalah segera laporkan. Target kita serapan 98% mesti tercapai,” kata Dr. Dwi Sudharto dalam arahannya.

Dalam setiap akhir tahun anggaran, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor PER-12/PB/2017 tentang Langkah-Langkah Akhir Tahun 2017, maka setiap satker termasuk P3HH wajib melakukan langkah-langkah sesuai peraturan tersebut. Dalam peraturan tersebut diterangkan mengenai tata waktu pertanggungjawaban baik mekanisme LS, UP, nihil, penyusunan laporan dan ketentuan lainnya. Seluruh pejabat mulai pelaksana kegiatan sampai KPA harus paham dan mengetahuinya.

Yanyan Hadyan, B.Sc.F., S.P., M.Si., selaku Kasubid Evaluasi dan Pelaporan menyampaikan laporan capaian anggaran sampai dengan saat ini. Ada beberapa kegiatan yang belum sesuai target, sehingga diperlukan strategi untuk mengatasinya.

“Jangan lupa, target luaran kita harus tercapai karena itu sudah masuk dalam perjanjian kinerja yang harus dipenuhi sampai dengan akhir tahun,” tambah Dr. Henry Silka Innah, S.Hut., M.T yang merupakan Kepala Bidang Program dan Evaluasi.

Seperti diketahui, P3HH pada tahun 2017 melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan sejumlah 16 kegiatan serta kegiatan dukungan manajemen. Hal ini sudah tertuang dalam rencana kerja tahun 2017 yang dijabarkan masing-masing dalam Rencana Operasional Penelitian (ROPt), Rencana Operasional Pengembangan (ROPg) dan Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK).

“Apabila ada hal-hal perlu dirubah dengan justifikasi yang tepat, maka segera ajukan usul perubahan dokumen rencananya. Semua harus inline dari rencana sampai laporan akhir nanti,” sambung Henry.

Dalam penutupannya Dr. Dwi Sudharto berpesan: “Manfaatkan sumberdaya yang ada, untuk kemaslahatan umat. Tertib administrasi, tertib aturan serta luaran tercapai. Jangan sampai hanya mengejar capaian keuangan semata.” (KA).



Penulis: Khuswantoro Akhadi, S.Hut., M.A.P
Editor: Krisdianto, S.Hut., M.Sc., Ph.D.


Lampiran: 0
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )