Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

PENETAPAN P3HH SEBAGAI PUSAT UNGGULAN IPTEK (PUI) PEMANFAATAN HASIL HUTAN TROPIS

14 Desember 2017, 13:51 WIB | Diupload oleh Admin

(P3HH INFO) Bogor, 13/12/2017 Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH) dinyatakan lolos seleksi penilaian PUI tahun 2017 dan layak ditetapkan sebagai Pusat Unggulan IPTEK Pemanfaatan Hasil Hutan Tropis 2018-2020, langsung tanpa harus melalui tahapan pembinaan. Sertifikat dan plakat PUI diserahkan langsung oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. kepada Kepala P3HH, Dr. Ir. Dwi Sudharto, M.Si. dalam acara Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2017, di Auditorium Gedung II BPPT, Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Apresiasi Lembaga Litbang merupakan even tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti yang bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap lembaga litbang yang berkinerja unggul, serta apresiasi terhadap badan usaha yang telah memanfaatkan hasil-hasil inovasi unggulan dari lembaga litbang.

Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti, Dr. Patdono Suwignjo dalam laporannya mengatakan pusat unggulan iptek adalah salah satu lembaga yang diunggulkan untuk meningkatkan inovasi nasional. “Setelah sebuah lembaga kita dampingi dan menjadi lembaga unggulan iptek yang mandiri selanjutnya kita bina menjadi science dan techno park (STP)” tambah Patdono.

Sementara dalam sambutannya Menristekdikti Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. mengatakan, inovasi menjadi hal yang sangat penting. “Oleh karena itu Pusat Unggulan Iptek menjadi sangat penting bagaimana ke depan harus menghasilkan inovasi yang bisa dimanfaatkan oleh industri” ujar Nasir.

Sementara untuk meningkatkan publikasi internasional, Menristek mengubah beberapa peraturan terkait kegiatan penelitian. “Research tidak lagi dibayar berdasarkan aktifitas tapi berdasarkan pada output” lanjut Nasir.

Masih dalam rangkaian agenda Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2017, P3HH menampilkan produk unggulannya yaitu “Xylarium Bogoriense 1915”- perpustaakaan kayu yang memiliki 45.067 sampel kayu: 110 famili, 675 genus, 3.667 spesies kayu otentik (no 3 di dunia setelah Amerika dan Belgia) yang menjadi rujukan utama identikasi jenis kayu-pada acara Gelar Produk Unggulan PUI 2017 yang digelar di area lobby Gedung II, BPPT pada tanggal 13 - 14 Desember 2017.

Penulis : Tipuk Purwandari, S.Kom, M.Sc

Editor : Ratih Damayanti, S.Hut, M.Si, PhD


Lampiran: 0
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )

XYLARIUM BOGORIENSE 1915.