Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

DELAPAN LEMBAGA PENERIMA PUI LAKUKAN PENAJAMAN FOKUS DI GUNUNG BATU

18 Januari 2018, 08:55 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

(P3HH INFO)BOGOR (15/01/2018) - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menginisiasi penyelenggaraan Asistensi Teknis Penajaman Fokus Unggulan yang diikuti oleh delapan lembaga yang telah lolos untuk ditetapkan dan dibina sebagai lembaga Pusat Unggulan Iptek (PUI) 2018.

Pusat Litbang Hasil Hutan (P3HH) yang merupakan salah satu lembaga yang ditetapkan langsung sebagai PUI diberikan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah dalam acara ini. Bertempat di Ruang Rapat Soediarto, Kampus Badan Litbang dan Inovasi, Bogor kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap peran masing-masing PUI serta memberikan penjelasan lebih detail dalam melaksanakan rencana kinerja yang akan dituangkan dalam Proposal Rencana Kerja Pengembangan PUI tahun 2018. Selain itu masing-masing lembaga harus segera menyiapkan dan mengisi berbagai dokumen termasuk synergy di dalam aplikasi masing-masing. Semakin banyak synergy maka akan diberikan apresiasi.

Peserta dari kegiatan asistensi teknis ini berasal dari Lembaga-lembaga PUI kelompok lokasi Bogor dan sekitarnya, antara lain: Puslitbang Hasil Hutan (KLHK), Puslitbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (KHLK), Puslitbang Biologi LIPI, Kantor Litbang Tanaman Hias (Kementan), Kantor Litbang Perikanan Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan, dan Pusat Litbang LAPAN. Hadir juga Balai Besar Litbang Industri Agro (Kementerian Perindustrian) dan Puslitbang Kebun Raya Bogor (LIPI) memaparkan strategi keberhasilan capaian hasil penilaian PUI tertinggi (di atas 900). Faktor pendorong keberhasilan tersebut antara lain: 1) Visi dan dukungan kepala instansi, 2). Pembelajaran dari pengelolaan ISO-KNAPPP, 3). Kerjasama dan sinergitas semua pegawai dalam menyusun rencana dan menjalankan PUI.

Yudho Baskoro, selaku nara sumber menyampaikan bahwa masing-masing lembaga setelah selesainya acara ini harus paham mengenai 1) Konsep Fokus Unggulan dan Lingkup Unggulan PUI. 2) Skema dan Mekanisme Pembinaan PUI. 3) Penyusunan Rencana Kerja 2018 dan 4) pengisian dan indicator-indikator penilaian.

Wening Sri Wulandari selaku Plh Kepala Pusat Litbang Hasil Hutan dalam penutupannya menyampaikan pentingnya partisipasi semua elemen dalam menyusun dan melaksanakan PUI ini, peningkatan jejaring dan kerjasama untuk membangun synergy serta sharing informasi antar lembaga khususnya lingkup Bogor Raya ini.

“Terimakasih P3HH sudah diberikan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah acara ini” tambah Wening.
Dr. Krisdianto selaku ketua tim PUI P3HH meminta semua untuk segera bergerak menyiapkan semua dokumen yang diperlukan, waktu terus berjalan dan deadline makin dekat. PR terdekat adalah penyusunan rencana kerja, mengisi form synergy dan capaian kinerja. Tahun pertama harus kita lalui dengan baik kerja bersama yang solid akan memudahkan kita untuk mempertahankan predikat PUI ini. (KA)

Knapp2

Knapp3

Penulis : Khuswantoro Akhadi S.Hut, MAP
Editor : Tipuk Purwandari, S.Kom, M.Sc


Lampiran: 0
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )