Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

MANGGALA AGNI SIAGA PADAMKAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI SUMATERA DAN SULAWESI

05 Februari 2018, 09:47 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

KLHK tingkatkan kesiapsiagaan dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla), seiring terpantaunya 22 hotspot yang tersebar di Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara. di wilayah Sumatera dan Sulawesi, berdasarkan Satelit TERRA-AQUA, tadi malam (03/02/2018).

Terkait hal ini, Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) KLHK – Manggala Agni, telah siaga lakukan groundchek dan pemadaman dini pada lokasi yang terpantau hotspot, sebagaimana disampaikan Raffles B. Pandjaitan, Direktur PKHL KLHK.

Di Desa Ussu, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan, pemadaman dilakukan Manggala Agni Daops Malili pada lahan masyarakat seluas ± 5 ha (03/02/2018), dan Pemadaman dilakukan sore hari, dan setelah kurang lebih 1,5 jam, api berhasil dipadamkan.

Pada hari yang sama, pemadaman juga dilakukan oleh Manggala Agni Daops Tinanggea, Sulawesi Tenggara bersama-sama dengan personil perusahaan pemegang ijin di Desa Weamo, Kecamatan Tinondo, Kabupaten KolakaTimur. Pemadaman ini merupakan lanjutan dari hari sebelumnya, yang berlokasi di batas wilayah perkebunan sawit, kawasan hutan produksi, dan lahan masyarakat.

"Manggala Agni terus melakukan koordinasi dengan Polda Sulawesi Tenggara, Polsek Mowewe, Pemerintah Daerah Kolaka Timur, dan Kepala KPHP Kolaka Timur. Luas terbakar belum dapat diketahui karena kendala dilapangan, namun Manggala Agni terus siap siaga di lokasi", jelas Raffles.

Berita selengkapnyadisini

Sumber:
http://ppid.menlhk.go.id/berita_foto/browse/1008

Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )