Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

MITRA P3HH TERTARIK PADA LITBANG PENGOLAHAN HASIL HUTAN RAMAH LINGKUNGAN

12 Februari 2018, 07:52 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

Kunjungan dan diskusi penjajagan kerjasama dengan jajaran manajemen PT Pasifik Agro Sentosa (PT PAS) dengan Kepala P3HH (01/02/2018).

P3HH (Bogor, 05/02/2018) - Masih di awal tahun kegiatan 2018, Pusat Litbang Hasil Hutan (P3HH) telah beberapa kali mendapat kunjungan dari mitra terkait yang tertarik pada IPTEK pengolahan hasil hutan yang ramah lingkungan, diantaranya yaitu kunjungan dari jajaran manajemen PT. Pasifik Agro Sentosa (PAS) pada tanggal 4 Pebruari 2018.


Dalam sambutannya, Kepala P3HH, Dr. Dwi Sudharto, M.Si menyambut baik kehadiran jajaran manajemen PT. PAS yang bermaksud melakukan penjajagan kerjasama litbang tentang penanganan limbah pabrik minyak kelapa sawit. Selain itu Dwi juga memaparkan Profil dan hasil-hasil penelitian P3HH. Paparan Iptek hasil litbang yang dapat dilakukan terkait permasalahan penangan limbah tandan kosong kelapa sawit di PT PAS disampaikan oleh para peneliti seniornya yaitu Prof. Dr. Gustan Pari, Dr. Saptadi Dharmawan dan Ir. Jamal Balfas, M.Sc (pemegang paten pengolahan limbah batang sawit).

Permasalahan limbah setiap hari terjadi di pabrik kelapa sawit, karena terdapat sekitar 220 ton limbah tandan kosong (tankos) dan cangkang kelapa sawit per unit pabrik menumpuk menggunung di sekitarnya. Hal ini menjadi masalah serius yang belum ada solusinya. PT. PAS saat ini memiliki sedikitnya 5 unit pabrik kelapa sawit yang aktif beroperasi, sehingga sedikitnya 1.100 ton limbah tankos dan cangkang bertambah setiap harinya. Sementara itu upaya me-reduce limbah menggunakan alat pembakaran (incinerator) saat ini dilarang oleh pemerintah. Oleh karenanya PT. PAS tertarik pada teknik pembuatan arang terpadu (asap cair) dengan pemanfaatan limbah. perlu kerjasama, demikian Kent Dixon dan Alfat Agus Salim dari jajaran manajemen PT. PAS menyatakan keinginannya untuk segera melakukan kerjasama litbang dengan P3HH.

“Segera saja Direksi PT PAS mengajukan surat permohonan kerjasama ke P3HH, karena mekanisme kerjasama sekarang sudah diatur detail oleh Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang harus melalui kajian dari Sekretaris Jenderal KLHK”, demikian Dwi menegaskan. (AYT)

Penulis / kontributor : Ayit T. Hidayat
Editor : Tipuk Purwandari


Lampiran: 0
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )