Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

REFOCUSSING KEGIATAN LITBANG LINGKUP P3HH TAHUN 2018

28 Februari 2018, 14:00 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi


P3HH (Bogor, 27/02/2018) - Rencana Operasional Penelitian (ROPt) dan Rencana Operasional Pengembangan (ROPg) merupakan bagian dari persiapan pelaksanaan kegiatan di lapangan dan menjaring masukan dari berbagai pihak dan bagian dari kegiatan penelitian/pengembangan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas rencana penelitian dan pengembangan serta strategi pencapaiannya.

Kepala Pusat Litbang Hasil Hutan (P3HH), Dr. Ir. Dwi Sudharto,M.Si, dalam arahannya menyampaikan perlunya 3 (tiga) hal penting terkanit apa yan harus dilakukan kedepannya. Yang pertama: P3HH merupakan institusi Pusat Unggulan Iptek (PUI) yang mesti kita pertahankan bersama-sama karena PUI ini milik intitusi. Kedua: Produk Iptek P3HH harus didorong menuju hilirisasi, saat ini kita pada level 6 atau 7. Ketiga: Xylarium Bogoriense 1915 harus menjadi nomor 1 di dunia.

Demikian disampaikan Kepala P3HH dalam Pembahasan Rencana Operasional Penelitian (ROPt) dan Rencana Operasional Pengembangan (ROPg) tahun 2018 pada tanggal 27 Februari di Ruang Cendana P3HH Kampus Gunung Batu.

Lebih lanjut ditambahkan bahwa tujuan dilaksanakannya pembahasan ini adalah mendapatkan masukkan dan kritik yang membangun terkait substansi dan kemanfaatan, serta konsistensi terhadap tujuan dan luaran kegiatan penelitian dan pengembangan yang akan dilakukan di tahun 2018 ini. “Perbaikan kualitas rencana dan tepat sasaran, karena sumberdaya kita terbatas, mohon masukan dan arahan dari tim pembahas untuk perbaikan rencana penelitian dan pengembangan yang telah di susun oleh tim peneliti,” tambah Dwi.

Hadir dalam acara ini: Para Koordinator RPPI, Ketua Dewan Riset, Sekretaris Dewan Riset, TP21, Para Peneliti, Sekretariat BLI, Perwakilan Pusat Litbang Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim dan staf. Pada kesempatan tersebut pembahas untuk masing-masing Rencana Operasional Penelitian (ROPt) dan Rencana Operasional Pengembangan (ROPg) berasal dari Program Studi P3HH sendiri pada tahun 2018 melaksanakan 13 (tiga belas) kegiatan penelitian dan pengembangan yang terdiri dari 7 (tujuh) penelitian dasar, 4 (empat) penelitian terapan dan 2 (dua) pengembangan. Pilot Projek di KPH Boalemo harus kita dukung sepenuhnya, kita tuntaskan dulu.

Dalam arahan penutupannya Kepala P3HH menegaskan kembali bahwa kedudukan litbang adalah pendukung eselon 1 yang lain, maka kegiatan yang dilaksanakan harus menjawab permasalahan mereka bukan permasalahan (peneliti) sendiri. “Produk luaran harus jelas seperti Karya Tulis Ilmiah (KTI), paten dan rumusan kebijakan-kebijakan” tambah Dwi. (KA)

Penulis : Khuswantoro Akhadi S.Hut, MAP
Editor : Tipuk Purwandari, S.Kom, M.Sc


Lampiran: 0
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )