Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

MERPERDALAM PENGGERGAJIAN KAYU, 31 CALON SURVEYOR SUCOFINDO BELAJAR KE PUSLITBANG HASIL HUTAN

10 Maret 2018, 12:46 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi




P3HH (Jakarta, 7/03/2018) - Bertempat di Kampus Gunug Batu Bogor, tepatnya di Laboratorium Penggergajian dan Pengolahaan Kayu Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH), sebanyak 31 orang calon Surveyor PT Sucofindo belajar mengenai pengergajian dan pengolahan kayu.

Diklat yang berjudul Pengenalan Jenis Kayu ini, menurut Nurtjahjawilasa, S.Hut, MAP, MA selaku pendamping diklat yang berasal dari Pusat Diklat Sumber Daya Manusia Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Pusdiklat SDM LHK) merupakan kerjasama antara Pusdiklat SDM LHK dan PT Sucofindo. Untuk calon surveyor ini PT Sucofindo meminta kurikulum khusus dengan harapan para peserta dapat belajar cepat dengan ilmu yang memadai. Hal ini berguna untuk membantu mengidentifikasi produk yang berasal dari kayu, yang merupakan objek kegiatan audit mereka. Praktek ini merupakan salah satu cara mempercepat peserta untuk lebih paham setelah mereka menerima teori di kelas.

Darta, Teknisi Penyelia P3HH mengatakan “Kita harus cermat dalam menghitung dan menentukan volume kayu dari yang kita lihat secara cepat karena di lapangan banyak sekali yang harus kita hitung. Hitungan di luar kepala harus dilatih. Jangan sampah salah dalam memperkirakannya, jika tidak mau usaha kita rugi.”

Lebih jauh diterangkan, ada beberapa teknik pengerjaan kayu, tergantung tujuan kita mau digunakan untuk apa. Hal itu jelas berbeda baik ukuran maupun perlakuan, serta alat yang digunakan, tegas Darta.

Jamaludin Malik, S.Hut., M.T., Peneliti Madya P3HH disela-sela kegiatan juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada tim Pusdiklat SDM LHK atas kepercayaan yang diberikan kepada P3HH untuk mendukung diklat ini. kita siap untuk membantu kapanpun dibutuhkan.

Sebagai informasi kita juga punya Xylarium Bogoriense yang merupakan Xylarium no 3 di dunia, disitu akan banyak ilmu dan manfaat yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran baik bagi aparatur maupun aparatur. (KA)




31Ca




Penulis : Khuswantor Akhadi, S.Hut, MAP
Editor : Tipuk Purwandari, S.Kom, M.Sc


Lampiran: 0
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )