Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

BIOETANOL AREN, SOLUSI JITU KELANGKAAN ELPIJI: TEROBOSAN APLIKASI IPTEK PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN HASIL HUTAN

15 Mei 2018, 09:37 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

P3HH (Boalemo, Kamis 26/04/2018) - Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH), Badan Litbang dan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kembali menguatkan sinergi dengan pemerintah Kabupaten Boalemo dan pihak terkait dalam operasionalisasi pengembangan Desa Mandiri Berbasis Aren yang telah diinisiasi di Desa Botumoito. Pertemuan dilaksanakan di Kantor Bupati Boalemo, pada Kamis 26 April 2018.

Salah satu produk potensial Desa Mandiri Berbasis Aren di Desa Botumoito adalah bioetanol aren. Bioetanol aren sangat strategis karena dapat digunakan sebagai bahan bakar rumah tangga sebagai bahan bakar alternative selain elpiji. Hal tersebut juga ditunjang dengan adanya kelangkaan elpiji di Boalemo dalam beberapa hari terakhir ini. Kepala P3HH, Dr. Dwi Sudharto menyatakan, pemanfaatan potensi aren untuk diolah menjadi bioetanol sejalan dengan terobosan pengembangan energi dimana penerapan teknologi harus sesuai dengan potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) di daerah. “Potensi aren di Boalemo sangat luar biasa, tidak kurang dari 15.000 pohon aren alam siap sadap yang mampu menghasilkan 300.000 liter nira aren per hari” ungkap Dwi.

Upaya pengolahan aren menjadi bioetanol dari aren di Desa Mandiri Berbasis Aren telah diinisiasi sejak tahun 2017 melalui aplikasi IPTEK pengolahan bioetanol dan reaktor pengolahnya, yang merupakan inovasi hasil karya Djeni Hendra, MSi, peneliti bioenergi pada P3HH Bogor. Pemerintah Kabupaten Boalemo mendukung penuh pengembangan Desa Mandiri Berbasis Aren di Boalemo karena dipandang mampu mendorong tumbuhnya ekonomi kerakyatan dan mengoptimalkan sumber daya yang telah tersedia di alam secara melimpah. Wakil Bupati Boalemo, Ir. H. Anas Jusuf menyatakan bahwa program Desa Mandiri Berbasis Aren harus didukung oleh semua jajaran Pemerintah Kabupaten dan pihak terkait. Pihak Pemerintah Kabupaten akan segera membuat rencana aksi untuk mengawal operasionalisasi Desa Mandiri Berbasis Aren.

Pertemuan sinergi penguatan Desa Mandiri Berbasis Aren dilaksanakan bersama dengan penyerahan kompor bioetanol oleh Puslitbang Teknologi Minyak dan Gas Bumi (PPPTMGB). Penyerahan kompor bioetanol secara simbolis dilaksanakan oleh Kepala PPPTMGB Patuan Alfon Simanjuntak kepada Kelompok Tani Hutan Aren Maju Bersama disaksikan Wakil Bupati Boalemo, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Boalemo, Pusat Litbang Kimia –LIPI dan para undangan terkait. Rencananya, akan diserahkan sebanyak 204 kompor bioetanol untuk dapat digunakan oleh setiap KK di Desa Botumoito. Kompor ini menggunakan bahan bakar bioetanol aren yang merupakan aplikasi IPTEK P3HH, sebuah sinergi Pusat Unggulan IPTEK (PUI) yang sangat strategis mendukung kemandirian energi.

Pada akhir paparannya, Dwi berharap bahwa Desa Mandiri Berbasis Aren dapat berkembang sehingga masyarakat memperoleh alternative pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan tercukupi kebutuhan bahan bakar rumah tangganya. Selain itu, program ini dapat menjadi show window dan icon Kabupaten Boalemo dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam dan potensial untuk direplikasi di daerah lain yang memiliki potensi aren tinggi.

Sebelumnya, telah digalang sinergi 6 lembaga PUI mendukung pengembangan Desa Mandiri Berbasis Aren yaitu PPPTMGB – rekayasa dan penyediaan kompor bioetanol dan koordinasi penyusunan SNI bioetanol; Puslit Kimia LIPI – pengembangan bioetanol fuel grade; Puslit Politik LIPI - penyusunan Perda; Balai Besar Industri Agro - pengujian produk pangan dan pelatihan; Balai Penelitian Palma-alih teknologi dan penyediaan aren unggul dan P3HH-pendampingan masyarakat, koordinasi dan pengembangan inovasi IPTEK. Pertemuan dilanjutkan dengan tinjauan lapangan ke Desa Botumoito yang menjadi model Desa Mandiri Berbasis Aren. (WSW)

Trobosan2


Penulis : Dr. Wening Sri Wulandari, S.Hut., M.Si.
Editor : Tipuk Purwandari


Lampiran: 0
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )