Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

BISNIS KELOLA SAMPAH YANG BERKAH

25 Mei 2018, 08:22 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis, 24 Mei 2018. Kekuatan utama pengelolaan sampah ada pada masyarakat. Mulai dari pemulung, pengelolaan bank sampah, komunitas/pemerhati lingkungan, serta komitmen untuk bersama-sama mengatasi sampah secara nasional. Selain harus berbasis partisipasi masyarakat, kunci keberhasilan pengelolaan sampah adalah memberikan manfaat lingkungan, sosial, dan ekonomi, sustainable, dan ketahanan.

Untuk mendengarkan secara langsung suara masyarakat tentang isu-isu terkini dalam hal pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia, selama bulan puasa setiap Selasa dan Kamis, KLHK menyelenggarakan GREEN RAMADHAN 2018 dengan tema “Berjuta Cinta untuk Indonesia Hijau, Adil dan Lestari”.

Topik yang diangkat pada diskusi pertama di Ramadhan tahun ini (24/05/2018) adalah “Bisnis Kelola Sampah Yang Berkah”. Dengan harapan masyarakat bersama pemerintah dapat duduk bersama berdiskusi untuk mencari ide-ide yang inovatif, kreatif dan berkelanjutan berbasis masyarakat untuk mencari solusi terbaik dalam menangani permasalahan pengelolaan sampah nasional.

Di hadapan 350 orang dari perwakilan asosiasi Bank Sampah, Pengusaha Daur Ulang Plastik, Pemerhati Lingkungan dan Lembaga Pelestarian Alam MUI, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyatakan penanganan sampah di seluruh Indonesia bukan hal yang mudah tanpa partisipasi masyarakat. “Yang paling penting dan paling cepat menyelesaikan masalah sampah adalah kita bersama, melalui gerakan-gerakan masyarakat”, kata Siti Nurbaya.

Berita selengkapnya klikdisini

Sumber:

http://ppid.menlhk.go.id/berita_foto/browse/1191

Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )