Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

WUJUDKAN UDARA BERSIH TANPA ASAP, KLHK PERKUAT SDM PENGENDALIAN KARHUTLA

19 Juli 2018, 08:34 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu, 18 Juli 2018. Mendekati pelaksanaan Asian Games 2018 di Palembang, KLHK memperkuat sumber daya manusia (SDM) pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla), untuk mewujudkan udara bersih tanpa asap karhutla. Kali ini dilakukan pembentukan dan pelatihan Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Brigdalkarhutla) pada Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di wilayah Sumatera Selatan.

Pembentukan dan pelatihan Brigdalkarhutla dilakukan pada lima KPH yaitu KPH Wilayah I Meranti, KPH Wilayah III Banyuasin, KPH Wilayah IV Sungai Lumpur, KPH Wilayah V Lempuing, dan KPH Wilayah XI Benakat, mulai tanggal 16 - 18 Juli 2018 di Palembang.

Membuka acara tersebut, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Raffles B. Panjaitan, menyampaikan bahwa, menurut prediksi BMKG, bulan September sampai Oktober adalah puncak musim kemarau tahun ini. "Kondisi ini perlu diwaspadai dan diantisipasi dengan berbagai upaya pencegahan di tingkat tapak, terutama di wilayah Sumatera Selatan, yang menjadi tuan rumah ajang Asian Games 2018 Agustus hingga september nanti", tuturnya.

Sebagai ujung tombak dalam pengendalian karhutla di tingkat tapak, Raffles berharap KPH dapat berperan aktif bersama masyarakat. "Brigdalkarhutla ini diharapkan mampu mendukung Brigade Dalkarhutla KLHK-Manggala Agni, dan menjadi penggerak masyarakat sekitar dalam melakukan upaya pencegahan karhutla,” imbuh Raffles.


Berita selengkapnya klikdisini

Sumber:

http://ppid.menlhk.go.id/berita_foto/browse/1279

Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )

XYLARIUM BOGORIENSE 1915.