Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

STATUS HUTAN INDONESIA DISAMPAIKAN KE MASYARAKAT INDONESIA DI ROMA

19 Juli 2018, 08:37 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu, 18 Juli 2018. Selasa tanggal 17 Juli 2018 jam 19.00 waktu Roma, Menteri LHK Siti Nurbaya bertemu dengan masyarakat Indonesia di Roma untuk menyampaikan tindakan korektif yang telah dilaksanakan Pemerintah RI di bidang Kehutanan.

Pemerintah Indonesia telah melakukan perubahan besar dalam pengelolaan hutan Indonesia menuju perspektif baru keberlanjutan dengan mengatasi masalah perubahan iklim, mengelola kelestarian hutan produksi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memastikan ketersediaan lahan bagi masyarakat.

Antara lain melalui: 1) Mempromosikan pengelolaan sumber daya hutan lestari; 2) Mencegah deforestasi dan degradasi hutan lebih lanjut; 3) Menyelesaikan konflik kepemilikan lahan hutan; 4) Melindungi keanekaragaman hayati dan mengelola ekosistem gambut dengan bijak; 5) Meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan; dan 6) Mempromosikan pengelolaan hutan berkelanjutan yang berorientasi pada masyarakat dengan partisipasi bisnis.

Masyarakat RI di Roma juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah dibawah pimpinan Presiden Joko Widodo terhadap upaya pengendalian karhutla.

Acara ini dihadiri oleh Duta Besar RI Roma, Esti Andayani, dan jajaran Kedubes, masyarakat dan Pelajar Indonesia di Roma. Turut hadir Direktur Jenderal (Dirjen) Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK, Prof. Sigit Hardwinarto, Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Dr. Ruanda Agung Sugardiman, Tenaga Profesional Lembaga Pertahanan Nasional Prof. Dadan Umar Daihani dan Dr. Rosita Sofyan Noer, Dr. Dwisuryo Indroyono Susilo dan Dr. Efransjah.

Pada sesi diskusi, perwakilan masyarakat menanyakan kurangnya dokumentasi film/video yang lengkap dan menarik, bagaimana pengelolaan sampah plastik, implementasi Reforma Agraria, perhutanan sosial.(*)

Sumber:

http://ppid.menlhk.go.id/berita_foto/browse/1280

Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )