Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

P3HH SEBAGAI PUSAT UNGGULAN IPTEK PEMANFAATAN HUTAN TROPIS KEMBALI BERKIPRAH: PENGUATAN SINERGI DAN PENGGALANGAN KOMITMEN UNTUK PERLUASAN OPERASIONALISASI DESA MANDIRI BERBASIS AREN

13 Agustus 2018, 13:59 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

P3HH (Boalemo, 13 Agustus 2018) -Bertempat di Kantor Bupati Boalemo, dilaksanakan rapat aksi sinergi implementasi desa mandiri berbasis aren. Kali ini, sinergi diikuti secara lengkap oleh 6 lembaga Pusat Unggulan Iptek (PUI) yaitu Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH) – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pusat Penelitian Politik (P2P) – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Pusat Penelitian Kimia (P2Kimia) - LIPI, Balai Besar Industi Agro (BBIA) – Kementerian Perindustrian, Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (PPPTMG) – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, dan Balai Penelitian Palma (Balit Palma) – Kementerian Pertanian, Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Pemerintah Kabupaten Boalemo, Pemerintah Desa, jajaran KPH di Provinsi Gorontalo, dan pihak terkait lainnya.

Pertemuan dipimpin oleh Wakil Bupati Boalemo, Ir. H. Anas Jusuf yang menyampaikan apresiasi atas insisasi pemerintah melaui 6 lembaga PUI membantu menggali dan mengembangkan potensi aren di Boalemo. “Kami sangat gembira dan berterimakasih atas upaya 6 lembaga PUI yang tanpa kenal lelah secara aktif berupaya mewujudkan Desa Mandiri Berbasis Aren, agar potensi aren di Boalemo dapat memberikan manfaat yang sebesarnya-besarnya bagi masyarakat. Semua pihak harus mendukung program ini secara konkrit ”, kata Anas.

Dr. Ir. Dwi Sudharto, MSi - Kepala P3HH menegaskan pentingnya komitmen dan sinergi agar Desa Mandiri Berbasis Aren di Desa Botumoito, Kabupaten Boalemo dapat menjadi penggerak perekonomian masyarakat. “Kendala operasional harus dicarikan solusi. Saya yakin dengan sinergi dan komitmen para pihak, Desa Mandiri Berbasis Aren dapat terwujud dan bisa operasional secara lebih luas, serta menjadi sumber pendapatan masyarakat yang strategis dalam jangka panjang” kata Dwi dalam paparannya. Dukungan lembaga PUI diimplementasikan diantaranya melalui alih teknologi pengolahan gula semut dan pengujian pangan, penyusunan naskah akademis regulasi, diversifikasi pemanfaatan bioetanol, penyiapan kompor dan reaktor pengolah bioetanol, dan pengembangan aren unggul.

Dukungan senada juga disampaikan Kepala Balitpalma Manado, Dr. Ir. Ismail Maskromo, M.Si yang akan mencoba mengeksplorasi varietas aren di Boalemo sebagai aren unggul lokal dan sumber benih potensial. Pengembangan aren unggul sangat penting untuk menjaga kesiapan bahan baku dan kesinambungan produksi. Pemerintah Kab Boalemo selaku pemangku wilayah beserta SOPD akan terus memberikan pendampingan operasional dan membentuk Tim Kerja di lapangan.


Lampiran: 0
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )