Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

XYLARIUM DAN AIKO TAMPIL DI AJANG AUSTRIAN TECHNOLOGY DAY

19 Juli 2019, 16:26 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

P3HH (Bogor, 18 Juli 2019) - Xylarium Bogoriense dan Alat Identifikasi Kayu Otomatis (AIKO) Pusat Litbang Hasil Hutan (P3HH) kembali tampil di forum internasional. Peneliti P3HH, Listya Mustika Dewi mewakili BLI-KLHK memperkenalkan Xylarium Bogoriense dan AIKO di ajang Austrian Technology Day antara Kementerian Transportasi, Inovasi dan Teknologi Austria dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Indonesia yang diselenggarakan oleh Kedutaan Austria di Jakarta Convention Center pada 18 Juli 2019.


Sebagai informasi, Xylarium Bogoriense telah ditetapkan sebagai Xylarium nomor satu dunia pada bulan September 2018 dengan jumlah koleksi lebih dari 193 ribu sampel kayu.

Dalam presentasinya Listya memaparkan perkembangan koleksi kayu yang dimiliki Xylarium Bogoriense, dan capaian pengembangan Xylarium Bogoriense dari sistem manajemen konvensional ke era digital.

“Saat ini, koleksi Xylarium Bogoriense tidak hanya kayu tetapi juga bambu, rotan, dan fosil kayu” tambah Listya.Listya juga menjelaskan tentang pentingnya peran Xylarium dalam berbagai bidang dan perannya dalam mendukung penciptaan teknologi terbaru untuk pembangunan sistem identifikasi kayu otomatis.

AIKO merupakan alat identifikasi kayu berbasis komputer vision yang bisa mengidentifikasi kayu hanya dalam hitungan detik.

Listya menambahkan bahwa saat ini AIKO masih terus dikembangkan dengan menggunakan berbagai macam metode untuk dapat mengidentifikasi asal tempat tumbuh dan memprediksi waktu tebang suatu jenis kayu. Peluang kerjasama transfer teknologi antara Austria dan Indonesia terbuka untuk pengembangan Xylarium dan sistem identifikasi kayu di Indonesia.

Peluang kerjasama semakin diperkuat dengan sudah disepakatinya MoU antara Kementerian Transportasi, Inovasi dan Teknologi Austria dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Indonesia yang mencakup segala aspek, seperti yang diungkapkan Dr. Gernot Grimm (Vice Minister, Head of Section III Innovation and Telecommunication) dalam sambutannya. Saat ini yang sudah berlangsung adalah kerjasama terkait kebakaran hutan dan pengelolaan limbah.

Pada kesempatan ini, Listya juga memperagakan bagaimana menggunakan AIKO untuk mengidentifikasi sampel kayu.

AIKOlis1

AIKOlis2


Lampiran: 0
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )