Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

ERA KESETARAAN GENDER, P3HH KINI MILIKI PROFESOR RISET PEREMPUAN

15 Agustus 2019, 16:08 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

P3HH (Jakarta, 15 Agustus 2019) - P3HH kembali menguat. Salah satu peneliti P3HH, Dr. Ir. Ignasia Maria Sulastiningsih, M.Si dikukuhkan sebagai Profesor Riset di Bidang Ilmu Kayu dan Teknologi Hasil Hutan. Pengukuhan dilakukan Ketua Majelis Pengukuhan Profesor Riset Prof. Ris. Dr. Pratiwi di Manggala Wanabakti, Jakarta, Kamis (15 Agustus 2019).

Dengan pengukuhan ini, maka P3HH total memiliki 5 profesor riset. Prof. Riset Ignasia Maria Sulastiningsih adalah Prof. Riset ke- 25 di KLHK dari 471 peneliti, dan ke-526 dari 8708 peneliti di Indonesia.

Dalam orasi ilmiahnya, Prof. Sulastiningsih memaparkan potensi bambu sebagai bahan substitusi kayu. Melalui orasi yang berjudul “Pengembangan Bambu Lamina Sebagai Produk Alternatif untuk Mengatasi Kelangkaan Kayu”, perempuan yang akrab dipanggil Titin ini mengatakan bahwa sebagai bahan substitusi kayu, bambu perlu dikonversi menjadi produk komposit agar lebih fleksibel dalam penggunaannya. Produk bambu lamina memiliki keunggulan antara lain kuat, stabil, awet dan memiliki corak penampilan yang bagus dan unik.

Prof. Sulastiningsih kelahiran Banyuwangi, 31 Juli 1960 telah menjadi peneliti utama di P3HH sejak tahun 2004 dan sampai saat ini telah menghasilkan publikasi sebanyak 97 karya tulis ilmiah (KTI), dengan 78 KTI berbahasa Indonesia dan 19 KTI berbahasa Inggris.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono berpesan agar kita tidak boleh tertinggal dengan negara maju dan negara berkembang lainnya di dalam pengembangan IPTEK dan harus mampu menjadi pemain pertama dan utama di dalam setiap perkembangan IPTEK di dunia.

“Hal ini sejalan dengan semboyan atau tema Hari Ulang Tahun Indonesia ke 74 “SDM Unggul Indonesia Maju” yang akan kita peringati serentak di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia” lanjut Bambang.

Pada sidang pengukuhan ini juga dilakukan pengukuhan atas Dr. Dida Syamsuwida, Peneliti Utama pada Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan (BP2TPTH) sebagai Profesor Riset di Bidang Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan.

ProfRiset1

ProfRiset2

ProfRiset3


Lampiran: 0
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )