free hit counter javascript
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KEHUTANAN
Forest Research and Development Agency
PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
KETEKNIKAN KEHUTANAN DAN PENGOLAHAN
HASIL HUTAN

The Center for Research and Development on Forest Engineering and Forest Products Processing
PENINGKATAN KAPASITAS SDM
17 Juni 2013, 14:34 WIB | Dede Rustandi

(Pustekolah Info) Bogor – Pustekolah menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di IICC, Botani Square, Bogor, Senin dan Selasa, tanggal 10-11 Juni 2013. Kegiatan ini merupakan langkah Pustekolah untuk memiliki SDM yang profesional dan handal dalam bidang pengembangan dan penelitian. 
 
Acara tersebut dibuka dan diresmikan oleh Kepala Pusat Dr. Ir. I. B. Putera Parthama, M.Sc dalam sambutannya “Sumber Daya Manusia merupakan hal yang sangat penting dari sebuah instansi dan perlu ditingkatkan dan dikembangkan kemampuannya untuk membangun serta menjawab tantangan yang ada pada instansi tersebut” tegas pak Kapus.  
 
Dengan narasumber Dr. Ida dan Nurcahyo, M.Sc dari Pusdiklat, Kehutanan.  Peserta yang hadir dari internal Pustekolah, baik peneliti maupun struktural, dengan materi yang disampaikan mencakup  meningkatkan pengetahuan akan motivasi diri, memilih masalah penelitian, meningkatkan kebersamaan, analisis akar masalah, diagram pohon masalah, perumusan masalah dan mencari solusi masalah yang berkaitan dengan manajemen instansi dan penelitian.
 
Bidang penelitian akan bisa termanfaatkan dan teraplikasikan dengan cepat apabila penelitiannya bisa berkaitan dengan isu yang aktual, “Substansi dan implikasinya berkaitan dengan tema yang sedang terjadi, sedang dalam proses, sedang hangat dibicarakan, atau diperkirakan muncul dalam waktu dekat” tutur Dr. Ida. 
 
Nobody knows everything, But everybody knows something” dengan kaidah dari kata bijak tersebut bahwa kebersamaan atau kelompok memberikan peranan yang baik, terutama dalam pemecahan masalah  karena setiap orang memiliki pengetahuan yang berbeda apabila di share,  solusi-solusi terhadap masalah akan semakin banyak dan tinggal mencari pemecahan masalah yang efektif dan efisien.
 
Pemilihan masalah dalam penelitian merupakan hal yang penting yang harus diperhatikan, dengan menggunakan analisis USG (Urgency, Seriuosness, Growth) dengan penjelasan seberapa mendesak masalah itu perlu dibahas (Urgency), seberapa serius dikaitkan dengan akibat apabila ditunda (Seriuosness), dan Kemungkinan berkembang memburuk jika dibiarkan (Growth).
 
Salah pemecahan masalah yang menarik dalam peningkatan SDM tersebut ialah diagram pohon dimana akibat ditempatkan diurutan yang paling tinggi, dibawahnya terdapat masalah utama sebagai sebab terjadinya akibat, kemudian dibawahnya terdapat masalah pokok, kemudian dibawahnya ada masalah spesifik, dari diagram ini mucullah masalah-masalah yang ada di Pustekolah yang merupakan tantangan kedepan dan siap diselesaikan.
 
Selain itu setiap perserta diajak untuk memotivasi diri apabila ada suatu kejadian yang menimpa dirinya berada pada posisi yang kurang semangat atau jatuh karena sesuatu hal. Dan setiap peserta memberikan masukan yang positif kepada instansi Pustekolah terhadap kendala yang terjadi dan pengembangan instansi kedepan.
 
Dengan menggunakan metode Learning fun dimana perpaduan antara penyampaian materi dengan permainan games yang sederhana namun asik dan melibatkan tim. Dimana metode ini sering dipake oleh perusahaan dalam peningkatan SDM-nya dan merupakan metode yang efektif.
 
Kesalahan atau kekeliruan dapat dikelompokkan menjadi tiga Problem resolving (Memecahkan Kembali Masalah) merupakan analisis ulang pemecahan masalah, dari masalah yang telah ditetapkan dengan tepat. Problem unsolving (Pementahan Solusi Masalah) ialah membuang solusi, karena kesalahan penetapan masalah. Problem dissolving  (Pementahan Masalah) adalah membuang masalah yang ditetapkan secara tidak tepat (solusi belum dijalankan).
 
  
 
  
 
  
 
  
 
(DR2702) 
 


« Kembali ke indeks InfoTerkini