Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 Petunjuk Teknis Pencegahan Serangan Jamur Biru Pada Dolok dan Papan Gergajian

kerusakan dolok dan kayu gergajian yang masih segar oleh serangan jamur biru sudah banyak dikeluhkan dalam industri pengolahan kayu karena dapat menurunkan kualitas bahan baku dan produksinya. untuk mengatasi kerusakan tersebut dapat dilakukan dengan memberikan bahan kimia pencegah serangan jamur biru pada dolok atau kayu gergajian segar. 

bahan kimia yang digunakan selain beracun terhadap jamur biru, beracun pula terhadap hewan dan manusia, sehingga dalam penggunaannya harus dilakukan secara bijaksana. untuk itu perlu dibuat petunjuk teknis supaya dalam pelaksaannya dapat secara tepat guna.

petunjuk teknis ini disusun oleh Sasa Abdurrohim dan Dominicus Martono, keduanya adalah tenaga peneliti bidang pengawetan pada Puslitbang Hasil Hutan dan Sosial Ekonomi Kehutanan. petunjuk teknis ini berisi pengertian jenis-jenis kayu yang perlu dicermati untuk dicegah terjadinya serangan jamur biru. selanjutnya diuraikan pemilihan bahan pengawet dan cara pelaksanaan pengawetannya serta penanganan bahan pengawet dan keselamatan kerja.

petunjuk teknis ini diharapkan akan membantu pada pengguna untuk dapat meningkatkan efisiensi dan mutu produknya serta bermanfaat adanya.

Selengkapnya silahkan unduh di lampiran berikut:

 

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )