Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 Pengergajian Dolok Diameter Kecil 

KATA PENGANTAR 

 

Penurunan jumlah dan ukuran diameter pasokan kayu dari hutan alam berpengaruh terdapat industri pengolahan kayu. Sementara itu, dolok kayu yang berasal dari hutan tanaman atau kayu yang berasal dari tanaman perkebunan juga berukuran kecil (<30 cm). Khusus industri penggergajian, pengaruh ini tidak hanya dirasakan oleh industri kecil, terutama menyangkut masalah efisiensi produksi.

Penggunaan teknologi konvensional dalam proses penggergajian dirasakan kurang efisien karena teknologi tersebut memang diperuntukkan bagi dolok berdiameter besar. Sedangkan untuk dolok berdiameter kecil (< 30 cm) memerlukan penanganan khusus dalam proses penggergajiannya. Misalahnya dalam penentuan posisi pembelahan pertama dan beberapa alternatif konversi kayu bulat, bila dilakukan sembarangan maka kemungkinan besar akan terjadi banyak bagian kayu yang terbuang menjadi limbah penggergajian. Untuk itu dirasa perlu adanya petunjuk teknis cara menggergaji dolok berdiameter kecil.

Berdasarkan kenyataan tersebut, Puslitbang Hasil Hutan dan Sosial Ekonomi Kehutanan Bogor yang memiliki misi pemasyarakatan ilmu dan teknologi mengambil inisiatif untuk menyusun Petunjuk Teknis Penggergajian Dolok Diameter Kecil. Petunjuk teknis disusun untuk memberikan informasi teknis bagi para pelaksana  di lapangan agar dapat menangai dolok berdiameter kecil secara cermat, tidak menimbulkan banyak limbah sehingga dapat meningkatkan efisiensi. 

Semoga petunjuk teknis ini bermanfaat.

 

Bogor,  Januari 1999

Kepala Pusat

 

Dr. Ir. A. Ngaloken Ginting, MS 

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )

XYLARIUM BOGORIENSE 1915.