Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 Penggunaan Sistem Kabel Layang (Skyline System) Di Hutan Produksi Alam Yang Dikelola Dengan Sistem Silvikulture Tebang Pilih dan Tanam Indonesia. 

 

KATA PENGANTAR 

Petunjuk Teknis Penggunaan Sistem Kabel Layang (Skyline System) di Hutan Produksi Alam yang dikelola dengan Sistem Silvikulture Tebang Pilih dan Tanam Indonesia ini disusun berdasarkan hasil uji coba pengoperasian sistem kabel layang di salah satu areal kerja HPH, studi pustaka yang gayut dengan permasalahan yang dihadapi, serta hasil diskusi dengan para pakar dari Perguruaan Tinggi, wakil dari Eselon I lingkup Departemen Kehutanan, Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia dan para peneliti yang terkait.

 

Dengan semakin beratnya topografi di areal pembalakan hutan produksi alam tipe tanah kering dewasa ini, maka dipandang perlu disusunnya petunjuk teknis penerapan teknologi pembalakan yang dinilai ramah lingkungan, untuk dapat dicapainya prinsip pemanfaatan yang berkelanjutan. Pada kesempatan ini, kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya penyusunan petunjuk teknis ini.

Disadari bahwa petunjuk ini masih belum sempurna, oleh karena itu saran perbaikan untuk penyempurnaan sangat kami nantikan.

Semoga petunjuk teknis ini dapat digunakan sebagai salah satu acuan oleh para pengelola hutan produksi alam yang menerapkan sistem kabel layang dalam operasi pembalakannya.

 

Jakarta, Ferbruari 1998

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan

 

Dr. Ir. Toga Silitonga, M.Sc

 

Selengkapnya silahkan unduh di lampiran berikut: 

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )