Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 PROSIDING EKSPOSE HASIL PENELITIAN "TEKNOLOGI PENINGKATAN NILAI TAMBAH HASIL HUTAN"

KATA PENGANTAR
 

      Dewasa ini kebutuhan akan kayu untuk industri maupun perumahan terus meningkat, sedangkan ketersediaan jenis pohon yang biasa digunakan semakin menurun, sehingga pihak industri mulai menggunakan beberapa jenis kayu alternatif. Penggunaan jenis kayu alternatif secara tepat guna dan memenuhi persyaratan baku mutu sangat diperlukan untuk mempertahankan kualitas dan efisiensi pemanfaatan kayu.
 
       Di sisi lain hutan kita masih memiliki potensi hasil hutan bukan kayu (HHBK), seperti: rotan, bambu, getah, minyak nabati dan sebagainya yang belum dimanfaatkan secara optimal. Hal ini disebabkan informasi IPTEK pemanfaatan HHBK dimaksud masih dirasakan kurang.
 
         Pusat Litbang Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan (PUSTEKOLAH) berupaya untuk dapat menyajikan informasi IPTEK yang dihasilkan melalui ekspose hasil penelitian dan pengembangan kepada masyarakat luas, dengan maksud agar IPTEK yang dihasilkan dapat diketahui masyarakat (stakeholders) sekaligus mendapatkan masukan untuk perbaikan pelaksanaan penelitian dan pengembangan ke depannya.
 
         Prosiding ini memuat informasi yang dikumpulkan selama masa persidangan (ekspose) berlangsung yang bertema “Teknologi Peningkatan Nilai Tambah Hasil Hutan”, dengan harapan agar prosiding ini menjadi wahana penyebaran informasi IPTEK hasil litbang yang lebih luas jangkauannya dan memungkinkan lebih banyak pengguna menerima dan menyerap informasi IPTEK.
 
         Demikian, semoga prosiding ini bermanfaat.
 
Bogor,   Oktober 2014
Kepala Pusat Litbang
Keteknikan Kehutanan
dan Pengolahan Hasil Hutan
 

Dr. Ir. Rufi ’ie, M.Sc.
NIP. 19601207 198703 1 005 
 
Selengkapnya silahkan unduh di lampiran berikut: 
Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )