Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 SERI PAKET IPTEK SIFAT DASAR DAN KEGUNAAN ROTAN

KATA PENGANTAR 

 

Rotan adalah salah satu anugerah Tuhan untuk umat manusia, terutama Bangsa Indonesia. Berbagai jenis rotan banyak tumbuh secara alami ataupun dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia.

Berbagai jenis rotan tersebar dan telah dimanfaatkan oleh masyarakat, baik secara tradisonal maupun modern. Pemanfaatan rotan sebagai komoditas perdagangan dunia juga diikuti oleh penelitian tentang sifat-sifat dan kegunaan rotan oleh berbagai pihak, seperti lembaga penelitian, perguruan tinggi, dan beberapa industri yang berkecimpung langsung dalam pemanfataan rotan. Penelitian tentang rotan meliputi pengetahuan tentang botani, silvikultur, struktur anatomi, fisis mekanis, komponen kima, ketahanan terhadap organisme perusak rotan (OPK), antara lain serangga rayap dan kumbang bubuk.

Tulisan atau artikel ini menyajikan 20 jenis rotan Indonesia, berisi data dan informasi mengenai nama daerah, nama latin, persebaran, sifat, serta kegunaan rotan.

Semoga apa yang disajikan dalam buku ini dapat bermanfaat bagi para pelaku industri, masyarakat pengguna, lembaga penelitian ataupun pihak penentu kebijakan.

 

                      Bogor,  Juli 2015

Tanda Tangan Pa Kapus

 

Selengkapnya silahkan unduh di lampiran berikut:

 

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )