Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 SERI PAKET IPTEK TEKNIK PEMANENAN GETAH DENGAN MENGGUNAKAN STIMULAN ORGANIK CUKA KAYU

KATA PENGANTAR

 

Permintaan produksi getah pinus yang semakin meningkat mendorong dilakukannya peningkatan produksi getah. Di sisi lain, ketimpangan antara produksi getah dan potensi tegakan yang ada dari tahun ke tahun mengkhawatirkan kelangsungan pengelolaan hutan jelutung maupun kemenyan. Oleh karena itu, teknik pemanenan getah dan resin melalui implementasi stimulan organik berbahan dasar cuka kayu dilakukan dengan tujuan tidak hanya untuk meningkatkan produksinya, tetapi juga untuk menjamin kelestarian hasil dan pohon penghasilnya serta lingkungan di sekitarnya.

Penggunaan stimulan organik cuka kayu memberi keuntungan karena murah dan mudah diperoleh dapat diproduksi sendiri dari sisa-sisa/ limbah pohon, lebih aman digunakan baik terhadap pohon maupun pekerja. Namun demikian, inovasi penggunaan stimulan organik ramah lingkungan harus terus dilakukan untuk meningkatkan produktivitas mengingat produktivitasnya lebih rendah dibandingkan dengan stimulan anorganik berbahan dasar asam kuat.

Penulis berharap informasi tentang Teknik Pemanenan Getah dengan Menggunakan Stimulan Organik Cuka Kayu yang dikemas dalam Buku Seri IPTEK ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.

 

                      Bogor,   Juli 2015
Tanda Tangan Pa Kapus

Selengkapnya silahkan unduh di lampiran berikut:

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )