Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 SERI PAKET IPTEK TEKNIK PENGOLAHAN DAN PEMANFAATAN JERNANG (DRAGON'S BLOOD)

KATA PENGANTAR

 


Jernang adalah resin yang diperoleh darei beberapa jenis pohon penghasil resin jernang dan mempunyai nilai sosial, budaya dan ekonomi yang cukup tinggi. Bermacam-macam cara atau teknik untuk mendapatkannya tergantung dari jenis pohon penghasilannya. Ada yang diperoleh melalui penyedapan pada bagian batang pohonnya, ada pula yang diperoleh melalui sekrersi dari buahnya.

Jernang mempunyai kegunaaan yang beragam terutama dalam bidang industri, diantarannya sebagai bahan pewarna vernis, keramik, marmer, alat dari batu, kayu, rotan, bambu, kertas, cat, dan sebagainnya. Selain itu Jernang juga telah digunakan sebagai obat tradisional sejak beberapa abad yang lalu yaitu sebagai bahan antiseptik, merangsang sirkulasi darah, antimikroba, antivirus, antitumor, obat luka, dan lain-lain.

Resin jernang (dragon’s blood) adalah resin berwarna merah yang berasal dari genus Dracaena (Dracaenaceae), Daemorops (Aracaeceae), Croton (Euphorbiaceae) dan Pterocaerpus (Fabaceae). Mengingat begitu banyaknya manfaat dan kegunaan resin jernang, maka perlu terus dikembangkan teknologi pengolahan dan pemanfaatannya untuk dapat menghasilkan resin yang telah berkualitas.

Kepada semua pihak yang telah membantu dalm penelitian dan penyusunan buku IPTEK ini, kami sampaikan pernghargaan dan ucapan terima kasih. Semoga apa yang disajikan dalam buku ini dapat bermanfaat bagi para pelaku industri, masyarakat pengguna, lembaga penelitian maupun pihak penentu kebijakan.

 

                      Bogor,  Juli 2015

Tanda Tangan Pa Kapus

Selengkapnya silahkan unduh di lampiran berikut:

 

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )