Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 SERI PAKET IPTEK TEKNOLOGI STABILISASI DIMENSI KAYU

KATA PENGANTAR 

 

Ketersediaan kayu berkualitas tinggi di alam makin terbatas sementara kebutuhannya semakin meningkat. Kayu cepat tumbuh sebagai solusi banyak ditanam masyarakat dan dapat dipanen dalam waktu relatif singkat. Secara ilmiah dapat diprediksi bahwa kayu dari kelompok jenis ini berkualitas rendar (inferior), terutama berdimensi tidak stabil dan tidak awet. Meskipun begitu, perkembangan teknologi dewasa ini memungkinkan kayu inferior bisa ditingkatkan kualitasnya. 

Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH) mempunyai misi menyediakan Iptek yang mampu meningkatkan nilai tambah produk kayu berkualitas rendah sesuai standar mutu yang ditetapkan dan eco-friendly serta memanfaatkan limbah penggergajian kayu yang potensinya cukup besar di industri pengolahan kayu menjadi bahan formula untuk peningkatan kualitas kayu. 

Berdasarkan misi tersebut, sejah tahun 2010 P3HH telah melakukan penelitian dan pengembangan Teknologi Stabilisasi Dimensi Kayu dengan cara memadatkan kayu secara fisika menggunakan kempa panas dan secara kimia dengan mengimpregnasi campuran esktrak serbuk kayu gergajian jati dan resin organik ke dalam struktur kayu. Aplikasi teknologi inovatif tersebut diarahkan untuk meningkatkan kualitas produk kayu mebel yang mampu dikerjakan anak bangsa, menggunakan bahan dan peralatan yang tersedia di Indonesia.

 

                     Bogor, Juli 2015

Tanda Tangan Pa Kapus

 Selengkapnya silahkan unduh di lampiran berikut:

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )