Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 SERI PAKET IPTEK KAJIAN LUAS PETAK TEBANGAN OPTIMAL DI HUTAN TANAMAN LAHAN BASAH

KATA PENGANTAR

 

Petak tebang optimal sangat dibutuhkan guna peningkatan produksi dan meminimalkan kerusakan lingkungan hutan tanaman rawa gambut, terutama jenis Acacia sp. Dibutuhkan suatu formulasi dan model yang dapat diaplikasikan dalam pembuatan kebijakan pengelolaan hutan tanaman rawa gambut lestari. Oleh karena itu, telah dilakukan kajian luas petak tebangan optimal di hutan tanaman rawa gambut. Ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) ini berisi data dan informasi yang disusun berdasarkan hasil kajian/penelitian dari penyusun dan dari pustaka lain yang berhubungan dengan ruang lingkup perencanaan pemanenan, dan penyaradan. Masing-masing ruang lingkup ditinjau dari aspek teknis, finansial, dan lingkungan. Konsep pemanenan hutan tanaman mengacu pada konsep pengelolaan hutan tanaman lestari. Kebijakan pelaksana pemanenan kayu dari hutan tanaman yang baik berasal dari masukan informasi yang tepat.

Dalam kesempatan ini, kami berterima kasih kepada:

1. Kepala Pusat Litbang Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan yang telah memberi kesempatan untuk melakukan penelitian tentang Kajian luas petak tebangan optimal di hutan tanaman lahan basah dan mendorong untuk penyusunan Iptek ini serta.

2. Peneliti dan Teknisi Kelompok Peneliti Keteknikan Hutan dan Pemanenan Hasil Hutan yang telah membantu dalam penyusunan Iptek ini.

Kami menyadari bahwa Iptek ini belum sempurna. Iptek ini ditujukan kepada pihak praktisi pemanenan kayu hutan tanaman, para peneliti, mahasiswa, dan pihak lain yang ingin menambah pengetahuan di bidang pemanenan hutan. Oleh karena itu, kritik dan saran pembaca sangat diharapkan. Akhir kata, semoga Iptek ini cukup berarti dan bermanfaat bagi semua pihak yang bersangkutan.

 

                     Bogor,   Juli 2015

Tanda Tangan Pa Kapus

Selengkapnya silahkan unduh di lampiran berikut:

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )