Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 SERI PAKET IPTEK INFORMASI SIFAT DASAR DAN KEMUNGKINAN PENGGUNAAN 10 JENIS BAMBU

KATA PENGANTAR 

 

Bambu telah lama dikenal masyarakat Indonesia dan dimanfaatkan oleh berbagai lapisan masyarakat karena bambu tumbuh hampir di seluruh wilayah Indonesia, baik secara alamai mapun budi daya. Sifatnya yang unik menjadikan bambu sebagai bahan substitusi kayu untuk berbagai keperluan, seperti alat rumah tangga, permebelan, ataupun bahan konstruksi bangunan. Kegunaan lain dari bambu yaitu dapat dimanfaatkan untuk bahan pangan, seperti rebung, bahan pembuat kertas, bahan pembuat kain, dan kerajinan lainnya.

Saat ini telah tercatat lebih dari 120 jenis bambu di Indonesia, 56 jenis di antaranya mempunyai potensi ekonomi. Meskipun telah banyak penelitian tentang bambu, penelitian tentang sifat dasar dan kegunaan jenis-jenis bambu belum dilakukan secara menyeluruh dan tuntas sehingga pemanfaatannya belum maksimal dan efisien.

Buku ini menyajikan informasi sifat dasar dan kegunaan jenis-jenis bambu yang belum pernah diteliti atau melengkapi sifat-sifatnya yang telah ada sebelumnya, sebagai dasar diversifikasi penggunaan bahan baku bambu untuk berbagai tujuan pemakaian dalam rangka efisiensi pemanfaatan sumber daya hutan.

Semoga apa yang disajikan dalam buku ini dapat bermanfaat bagi para pelaku industri, masyarakat pengguna, lembaga penelitian maupun pihak penentu kebijakan.

 

                      Bogor,  Juli 2015

Tanda Tangan Pa Kapus

Selengkapnya silahkan unduh di lampiran berikut:

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )