Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 PENGENALAN KUALITAS ROTAN DI LAPANGAN

KATA PENGANTAR 

 

Rotan adalah salah satu hasil hutan bukan kayu (HHBK) yang memiliki nilai ekonomis dan estetika yang tinggi. Produk- produk dari rotan sangat diminati masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri. Karena produk-produk rotan memiliki berbagai keunggulan, salah satu keunggulan produk rotan yaitu memiliki karekter yang unik, selain itu juga mempunyai kesan eksotis dan alami.

Tingginya minat terhadap produk-produk rotan, mendorong dibentuknya asosiasi atau organisasi dunia di bidang rotan dan bambu: International Network for Bamboo and Rattan (INBAR). INBAR mempunyai tujuan meningkatkan kehidupan petani rotan dan perajin bambu diseluruh dunia. Untuk menyamakan kualitas rotan, INBAR telah membuat standar yang harus diadopsi oleh para perajin rotan di seluruh dunia diantaranya adalah Indonesia. Namun demikian belum semua negara penghasil rotan mengadopsinya.

Buku pedoman ini menguraikan secara praktis karakter, sifat, dan kualitas rotan melalui pengenalan cacat rotan di lapangan, dengan mengacu pada standar kualitas rotan INBAR yang telah diacu dalam SNI (Standar Nasional Indonesia) 01- 7208-2006.

Semoga buku ini dapat memberi manfaat dalam membantu mengidentifikasi/membantu cacat rota di lapangan.

 

                     Bogor, Agustus 2015

Tanda Tangan Pa Kapus

Selengkapnya silahkan unduh di lampiran berikut:

 

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )