Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 MEMBANGUN KESUBURAN LAHAN DENGAN ARANG

KATA PENGANTAR


Di pasar dunia, Indonesia termasuk salah satu negara pengekspor arang terbesar selain China, Malaysia, Afrika Selatan dan Argentina. Produksi arang kualitas ekspor di Indonesia pada umumnya diperoleh dari usaha kecil dan menengah (UMKM) dengan teknik dan proses yang beragam sehingga mutu arang yang dihasilkan juga beragam.

Tak ada yang tak mengenal arang, karena keberadaannya di muka bumi ini sudah ada sejak ribuan tahun silam, walaupun awal penggunaannya masih ditujukan untuk keperluan rumah tangga seperti memasak, memanggang makanan atau untuk seterika. Setelah banyak hasil penelitian tentang arang, maka diketahui bahwa sifat dan karakteristik arang yang unik dapat diaplikasikan pada berbagai kebutuhan hidup, diantaranya sebagai bahan obat-obatan, kosmetik, peralatan mandi, bahan kain asal serat arang, filter rokok, membangun kesuburan lahan, dan lain- lain.

Mengingat banyaknya kegunaan yang dimiliki arang bagi kehidupan manusia, pengkajian terhadap manfaatnya yang menakjubkan pun telah banyak dilakukan. Di antara sifat dan keunikan arang yaitu memiliki pori-pori kecil yang sangat banyak, sehingga satu gram arang mempunyai luas permukaan sekitar 250 meter persegi. Pori-pori ini dapat melekatkan zat-zat yang berlainan pada dindingnya, yang nantinya akan dilepaskan. Dengan karakteristik tersebut, maka arang mampu menyerap bau ruangan dan mengatur kelembaban suhu udara, di samping itu ion- ion negatif yang dihasilkan dapat memberikan efek rileks dan santai.

Terkait dengan arang sebagai pembangun kesuburan lahan, Pusat Litbang Hasil Hutan telah melakukan penelitian dan pengembangan, dan teknologi yang dihasilkan telah diterapkan dan diaplikasikan oleh kelompok tani di Kabupaten Cianjur.

Buku ”Membangun Kesuburan Tanah dengan Arang” menyajikan hasil penelitian dan pengembangan berupa informasi teknologi pembuatan dan pemanfaatan arang untuk kesuburan tanah.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi hingga diterbitkannya buku ini. Semoga apa yang disajikan dalam buku ini dapat memberi manfaat kepada semua pihak yang berkepentingan.

                     

                     Bogor,  Juli 2015

Tanda Tangan Pa Kapus

 Selengkapnya silahkan unduh dilampiran berikut:

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )