Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 Pohon Berkhasiat Obat Dan Keberadaannya

Berikut Jenis pohon yang berkasiat obat ialah jenis Pakanangi/Kisereh (Cinamomum parthenoxylon/Cinnamomum porrectum), Kulilawang (Cinnamomum halmaherae), Kayu Manis (Cinnamomum sp), Pulai (Alstonia sp.), Gaharu (Aquilaria sp., Gyrinops versteeghii, dan Gyrinopsis cumingiana), serta Pasak Bumi (Eurycoma longifolia).

Jenis pohon Cinnamomum spp. termasuk dalam suku Lauraceae. Menurut Rismunandar (1989) suku Lauraceae memiliki ciri pohon dengan kulit batang hingga ranting yang mengandung minyak atsiri, daunnya tunggal, berseling dan berwarna hijau.

Kulilawan pohon berkasiat obet terutma pada daun dan kulit kayu. Kulilawan nama botanisnya adalah Cinnamomum halmaherae Kosterm, Hasil identifikasi pada herbarium Puslitbanghut Hutan dan Konservasi alam Bogor. Pohon ini tumbuh di hutan yang banyak terdapat batu karang. Sepanjang jalur perjalanan ditemukan pohon kulilawan berdiameter sekitar 25 hingga 30 cm sebanyak 10-15 pohon. Anakan pohon terlihat lebih banyak ditemukan, yaitu sekitar 20-25 anakan.

Kulit Kayu manis Padang adalah kulit batang Cinnamomum burmannii dalam perdagangan dikenal dengan nama Cassia vera, dengan bau khas aromatik, rasa agak manis, agak pedas dan kelat. Jenis C. zeylanicum dalam dunia perdagangan dikenal dengan ceylon cinnamon. Jenis C. burmanni yang asli Indonesia, dalam perdagangan diberi nama padang kaneel atau cassiavera eks. Padang. C. sintok Blume banyak ditemukan di Jawa Barat dan Tengah. Sedangkan C. culilawan Blume asli dari Ambon (Rismunandar, 1989). Jenis dari marga Cinnamomum memiliki berat jenis rata-rata antara 0,36 hingga 0,65 (Djoen Seng, 1990).

Salah satu jenis tumbuhan yang juga diketahui berkhasiat obat adalah Pulai (Alstonia sp.). Jenis ini termasuk ke dalam suku Apocynaceae.  Secara hirarki taksonomi berturut-turut jenis ini termasuk ke dalam Kingdom Plantae, Divisi Magnoliophyta, Klas Magnoliopsida, Ordo Gentianales, Suku/famili Apocynaceae dan Genus Alstonia (Anonim, 2008). 

Salah satu famili yang beberapa jenis diantaranya dikenal mempunyai khasiat obat adalah Thymelaeaceae genus Aetoxylon, Aquilaria, Gyrinops dan Gonystylus. Salah satu jenis diantaranya ada yang sudah dimasukkan ke dalam Appendix II CITES karena dikuatirkan kelestariannya (Mandang, 2002). 

Jenis pohon pasak bumi (Eurycoma longifolia Jack) termasuk anggota dari suku Simaroubaceae. Suku Dayak Kenyah menggunakannya untuk obat sakit perut dan demam, suku Banjar menggunakannya untuk aphrodisiac (penunjang stamina), sedangkan di Thailand digunakan untuk anti malaria. Pasak bumi sudah merupakan komoditi ekspor (Mandang dan Andianto, 2005). 

(DR2702) 

 

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )

XYLARIUM BOGORIENSE 1915.