Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 FORPRO VOLUME 7 NOMOR 1 TAHUN 2018

Salam Inovasi...!

 

Edisi Forpro kali ini, mengangkat fokus utama masa pakai dan ketahanan kayu terhadap serangan organisme penggerek kayu. Topik ini sangat menarik karena pemanfaatan kayu untuk mendukung aktivitas operasional pengelolaan perikanan terutama di pelabuhan dan dermaga masih sangat tinggi, serta sering mengalami kendala adanya serangan organisme penggerek kayu di laut. P3HH mencoba menawarkan model prediksi untuk menggunakan parameter sesuai kondisi lingkungan setempat.

Untuk menambah wawasan pembaca, Forpro menghadirkan review tentang Bambu Guadua dari Amerika bagian Selatan yang merupakan salah bambu raksasa. Review lain yang dapat dinikmati pembaca adalah tentang upaya peningkatan penggunaan kayu untuk konstruksi, yang ternyata kayu memiliki beberapa keunggulan di antarannya lebih efisien dan ramah lingkungan.

Tidak berhenti pada fokus utama dan review, Forpro masih banyak menampilkan ragam sajian tentang kepayang sebagai bahan alternatif minyak nabati, liputan perjalanan ke Teluk Wondama, pembuatan lembaran pulp kertas yang dikemas dalam tulisan yang sangat menarik.

Kolom fotografi kali ini menampilkan bidikan kamera kayu-kayu hutan alam yang ditebang dengan teknik Tree Length Logging yang dapat memberikan sajian visual kepada pembaca betapa besarnya kekayaan alam hutan Indonesia.

 

Salamat membaca...! 

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )