Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 FORPRO VOLUME 7 NOMOR 2 TAHUN 2018

Salam inovasi…!



Edisi Forpro kali ini, mengangkat fokus utama menguak sejarah tumbuhan melalui fosil kayu. Fosil tumbuhan merupakan batuan yang mengandung jejak atau sisa kehidupan di masa lampau (fosil) yang bersifat langka dan penting. Keberadaan fosil kayu hingga saat ini sebagian besar dimanfaatkan untuk tujuan komersil. Selain itu fokus utama lainnya tree length logging: metode pemanenan kayu yang murah dan mudah untuk minimasi limbah kayu, berupa informasi mengenai penerapan metode pemanenan tree length logging yang dapat mengurangi limbah pemanenan kayu lebih baik dibandingkan teknik RIL maupun cara konvensional.

Untuk menambah pengetahuan pembaca, Forpro menyajikan review tentang biobutanol: energi baru dan terbarukan dari lignoselulosa. Biobutanol adalah jenis alkohol tidak hanya digunakan campuran, tapi dapat digunakan sebagai pengganti bensin, karena memiliki sifat-sifat atau karakteristik kimia dan fisika yang mirip dengan bensin. Hal ini mengakibatkan tidak perlu membangun infrastruktur baru apabila ingin memproduksi biobutanol. Review selanjutnya adalah tentang nilai kalor pelet arang menggunakan bahan limbah kayu campuran. Beberapa negara mulai mengganti energi fosil dengan energi biomassa yang lebih ramah lingkungan dan dapat diperbaharui. Salah satu sumber energi biomassa di sektor kehutanan adalah pengolahan kayu atau limbah pengolahan kayu menjadi pelet. Review terakhir menyajikan mengenai kajian peran strategis kelompok wanita tani dewi sri Bojongpicung Cianjur dalam diversifikasi produk berbasis asap cair. Diversifikasi asap cair sudah banyak terasa manfaatnya, baik aplikasinya dalam bidang pertanian maupun dalam bidang kesehatan.

Tidak terhenti pada fokus utama dan review, Forpro menyajikan juga wawasan tentang prospek aplikasi karbon sebagai pengganti merkuri di pertambangan emas. Penggunaan karbon aktif pada proses leaching mineral logam terutama Au dengan menggunakan beberapa macam reagen leaching, cukup menjanjikan, baik dalam proses maupun hasil perolehan logamnya, juga yang paling utama substitusi Hg menggunakan karbon aktif dan agen leaching lain dapat mengurangi kerusakan lingkungan.

Kolom fotografi pada edisi kali ini menampilkan bidikan kamera pada eksplorasi fosil kayu di Bumiayu yang dapat memberikan sajian visual kepada pembaca mengenai kegiatan riset terkait fosil kayu.


Selamat membaca…!

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )