Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 FORPRO VOLUME 8 NOMOR 1 TAHUN 2019

Salam inovasi...!


Edisi Forpro kali ini mengangkat fokus utama mengenai aplikasi teknologi arang terpadu di tanaman budidaya masyarakat di Kabupaten Cianjur. Berawal dari pelati yang diberikan oleh para peneliti Pusat Peneliti dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH) sampai pada aplikasi arang terpadu untuk tanaman kopi, wortel, padi dan jeruk. Peran para peneliti menjadi ujung tombak untuk menghasilkan IPTEK arang terpadu. Tahapan peneliti dan kajian tentang arang terpadu terus dilakukan oleh para peneliti P3HH, salah satunya yang dilakukan oleh Nur Adi Saputra dalam Fokus Utama lainnya yang mengangkat tentang potensi pemanfaatan limbah biomassa untuk teknologi arang terpadu. Di dalam tulisan akan diulas bagaimana potensi pemanfaatan limbah industri untuk produksi arang terpadu, karakteristi arang terpadu dari beberapa jenis bahan baku, apa saja manfaat arang terpadu bahkan sampai dengan bagaimana kelayakan dari usaha arang terpadu.

Untuk menambah pengetahuan pembaca, Forpro menyajikan Review tentang potensi dan prospek pemanfaatan limbah pemanenan dalam memenuhi kebutuhan bahan baku dan meningkatkan nilai tambah produk hasil hutan. Limbah pemanenan sangat potensial untuk diolah menjadi produk yang bernilai tambah ti tetapi saat ini belum dimanfaatkan oleh para pemegang IUPHHK-HA padahal pemerintah telah memberikan perangkat kebijakan untuk mengolah limbah pemanenan dalam skema izin usaha industri primer hasil hutan kayu di dalam areal IUPHHK-HA sesuai ketentuan dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.1/MENLHK/SETJEN/KUM.1/2019. Review lainnya tentang rencana strategis Badan PBB di bidang kehutanan dengan perspekti peneliti dan pengembangan hasil hutan. Dalam tulisan ini, akan diulas bagaimana rencana penelti dan pengembangan diselaraskan dengan rencana kehutanan yang telah dirancang dalam Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals).
Review lain yang ti kalah menarik yakni tentang Dendrokronologi yang akan menambah wawasan kita tentang bagaimana kronologi lingkaran tumbuh atau cincin pohon dihubungkan dengan kondisi iklim lingkungan pembentuknya. Tulisan ini membahas sejarah peneliti dendrokronologi, bagaimana umur pohon dapat diperkirakan dengan menganalisis lingkaran tumbuh pohon dan perkembangan dendrokronologis di daerah tropis khususnya di Indonesia.

Kolom fotografi pada edisi kali ini menampilkan bidikan kamera pada pemaanfaatan limbah kayu sawit. Sebagai informasi limbah batang sawit hasil peremajaan sangat melimpah, dan berpotensi untuk diolah menjadi produk perkayuan sebagai salah satu alternatif memenuhu kebutuhan bahan baku industri perkayuan.

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )