Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 FORPRO VOLUME 8 NOMOR 2 TAHUN 2019

Salam inovasi…!


Fokus utama edisi kali ini mengenai pemeriksaan kesehatan pohon menggunakan alat sonic tomograph. Berdasarkan pemeriksaan, terdapat pohon yang mulai rusak sehingga diprediksi dapat mengancam keselamatan bagi yang beraktivitas di sekitar pohon. Dengan alat ini diharapkan dapat mendeteksi sejak dini kemungkinan kerusakan dan bahaya yang disebabkan dahan atau ranting patah bahkan pohon tumbang.

Review tentang pengolahan air limbah rumah tangga (grey water) berbasis arang aktif merupakan salah satu cara yang potensial untuk memperoleh air bersih yang dapat digunakan untuk kepentingan sehari-hari. Harapan kedepan tidak hanya pada kebutuhan air bersih, melainkan air limbah yang telah diolah dapat digunakan kembali untuk kebutuhan sehari-hari misalnya mandi dan mencuci.
Review lainnya mengenai status riset arang dan arang aktif di Puslitbang Hasil Hutan menggambarkan informasi perkembangan riset dari tahun 1985–2019 dan prospek riset arang aktif kedepan periode 2020–2029. Lima prospek riset arang aktif kedepan diarahkan pada pemanfaatan limbah biomassa atau tanaman cepat tumbuh, yaitu: Penjerap logam berat, Electrochemical Double Layer Capacitors (EDLC), Adsorpsi pewarna, Adsorpsi gas, dan Penjerap Volatile Organic Compound (VOC).

Artikel pada kolom khazanah IPTEK dengan judul praktik penebangan pohon pada hutan alam produksi memberikan pengetahuan mengenai operator penebangan yang merupakan bagian dari kunci efisiensi pemanfaatan kayu secara tebang pilih di hutan alam. Berdasarkan pengalaman, operator chainsaw akan cepat tanggap terhadap situasi dan kondisi lingkungan sehingga cepat mengambil keputusan terhadap pilihan arah rebah pohon yang aman.

Kolom catatan merupakan hasil mengikuti diskusi perumusan rencana aksi tindak lanjut Eighteenth Meeting of the Conference of the Parties (COP 18) CITES yang diselenggarakan oleh Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), 30/9/2019. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut rekomendasi hasil pertemuan COP CITES di Jenewa. Diskusi bertujuan untuk melakukan koordinasi antara Lembaga Penelitian, Universitas, dan Organisasi Masyarakat guna merumuskan rencana aksi termasuk penyediaan data, dokumen dan pelaksanaan survei.

Kolom fotografi kali ini, menampilkan hasil bidikan kamera Deden Nurhayadi yang mengambil objek tentang kayu sawit.
Selamat membaca…!

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )

XYLARIUM BOGORIENSE 1915.