Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 Seminar Nasional Teknologi Mendukung Industri Hijau Kehutanan

Di tengah semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya kelestarian lingkungan, konsumen produk manufaktur tidak lagi hanya mempertimbangkan kualitas dan harga produk, melainkan juga mempertanyakan apakah suatu produk menggunakan bahan baku atau melibatkan proses yang berdampak negatif bagi lingkungan dan kesehatan. Perubahan perilaku konsumen ini bahkan di beberapa negara mulai dilembagakan menjadi standar yang dalam prakteknya berfungsi sebagai non-tarrifbarrier. Kondisi ini juga berlaku pada produk-produk manufaktur berbasis kehutanan.

Oleh sebab itu, apabila tidak ingin kehilangan pasar, industri kehutanan dituntut untuk bertransformasi menjadi industri hijau, yakni industri yang bersahabat dengan lingkungan (ecofriendlydan aman bagi kesehatan (health-safe). Parameter industri pengolahan hasil hutan yang eco-friendly dan health-safe mencakup antara lain penyediaan bahan baku, efisiensi penggunaan bahan baku, konsumsi energi fosil, penggunaan bahan pembantu anorganik, serta karakteristik dan penanganan limbah. Sejalan dengan itu, untuk mewujudkan industri kehutanan yang eco-friendly dan health-safe diperlukan berbagai teknologi, mulai dari teknologi untuk menghasilkan bahan baku tanpa membahayakan kelestarian sumberdaya hutan, untuk mengolah bahan baku secara efisien (zero waste), untuk menyediakan energi alternatif pensubstitusi energi fosil, untuk menyediakan bahan pembantu alternatif, serta untuk menangani limbah industri.

Berangkat dari keinginan untuk menghimpun hasil-hasil riset yang mendukung terwujudnya industri hijau di bidang kehutanan, Pusat Litbang Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan menyelenggarakan seminar sehari “Teknologi Mendukung Industri Hijau Kehutanan” pada tanggal 9 November 2011 di Bogor. Prosiding ini mendokumentasikan keynote speech serta berbagai makalah yang dibahas dalam seminar tersebut. Semoga prosiding ini bermanfaat.
 
Selengkapnya silahkan download lampiran dibawah ini: 
Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )

XYLARIUM BOGORIENSE 1915.