Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 Forpro Volume 1 Nomor 1

Dewasa ini kalangan masyarakat ilmiah baik akademisi, peneliti maupun pemerhati IPTEK, dalam menyampaikan buah pikirannya ke khalayak luas yang disalurkan melalui berbagai media semakin semarak saja. Hal ini ditunjukkan dengan bermunculannya media informasi IPTEK baik cetak maupun digital secara sporadis yang diterbitkan oleh lembaga pemerintah, asosiasi profesi, LSM, maupun website/blog pribadi. Gejala ini seyogyanya perlu kita apresiasi bahkan perlu kita dorong, karena hal itu menunjukkan hal positif bahwa masyarakat turut berpartisipasi dalam menyebarluaskan IPTEK ke masyarakat dalam rangka memajukan dan mengembangkan dunia IPTEK. 

Keterkaitannya dengan itu dalam rangka mensiasati peningkatkan kuantitas dan kualitas penyebarluasan informasi IPTEK kepada masyarakat luas khususnya dibidang teknologi pengolahan hasil hutan yang memuat berbagai hasil buah  pikiran para pakar baik ilmuwan peneliti akademisi (dosen), peneliti, teknokrat, pemerhati dll. Maka Pusat Penelitian dan Pengembangan Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan (PUSTEKOLAH) sebagai institusi pemerintah yang memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dibidang litbang teknologi pengolahan hasil hutan, berusaha memfasilitasi, menstimulir dan mendorong para pemikir dan pemerhati IPTEK yang pada bidang pengolahan hasil hutan melalui usaha menambah lagi satu media terbitan baru yaitu berupa majalah ilmiah populer yang diberi nama “Forpro” .
 
Penerbitan majalah ini bertujuan untuk menampung dan mewadahi karya tulis baik berupa hasil penelitian,ide/gagasan maupun ulasan yang mengarah ke pengembangan IPTEK bidang teknologi pengolahan hasil hutan dengan sasaran pembacanya untuk konsumsi berbagai kalangan masyarakat. Sehingga format isi, dan materi tulisan dibuat dengan gaya Bahasa populer agar mudah difahami. Makna dan asal kata “Forpro”  ni adalah akronim dari kata Forest Product yang maksudnya adalah atau bisa merupakan merupakan akronim dari kata “Forest Pro” yang artinya pendukung hutan Filosofi nama ini dianggap paling sesuai dan diharapkan memiliki kekuatan (spirit) baru bagi berkembangnya IPTEK pengolahan hasil hutan ditanah air.
 
Selengkapnya download Lampiran dibawah ini: 

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )

XYLARIUM BOGORIENSE 1915.