Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 Atlas Kayu Indonesia Jilid II

Seperti  sudah disebutkan dalam jilid I, dari 4.000 jenis kayu uang diperkirakan terdapat di Indonesia 400 jenis di antaranya mempunyai potensi untuk memegang peranan penting (ANONYMUS, 1952). Dari jumlah 400 jenis itu 259 jenis di antaranya sudah kenal dalam perdagangan dan dapat dikelompokkan menjadi 120 jenis kayu perdagangan. Dalam jilid I sudah disajikan risalah mengenai 30 jenis dari 120 kelompok jenis kayu perdagangan tersebut yang meliputi 134 jenis botanis, sedangkan dalam jilid II ini di sajikan risalah 32 kelompok jenis yang meliputi 45 jenis botanis, dan sisanya akan dibahas dalam jilid-jilid berikutnya.

Sementara itu jenis kayu uang dikenal dalam perdagangan jumlahnya juga berkembang terus dan pada saat ini sudah berjumlah lebih dari 120 kelompok jenis. Dalam jilid II misalnya ditambahkan jenis kayu mindi (Melia azedarach L.) yang sebelumnya tidak tercatat sebagai jenis kayu perdagangan.

Selanjutnya dalam rangka pembangunan hutan tanaman industri diperkenalkan juga beberapa jenis lain yang selama ini di negara kita belum dikenal sebagai  jenis kayu perdagangan, misalnya jenis-jenis Acacia mangium Willd., Eucalyptus urophylla St.Blake dan Gmelina arborea Roxb. Risalah mengenai tambahan jenis kayu perdagangan dan jenis kayu hutan tanaman industri ini diharapkan akan dapat disajikan juga dalam jilid-jilid berikutnya.

Selengkapnya silahkan unduh di lampiran berikut: 

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )