Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 Warta Hasil Hutan Vol. 7 No. 2 Tahun 2012

Berdasarkan data luas kawasan hutan Indonesia tahun 2011 mencapai 133,88 hektar. Jumlah luas hutan tersebut mencakup kawasan suaka alam, hutan lindung dan hutan produksi yang terdapat dimasing-masing provinsi seluruh Indonesia sesuai dengan besar dan luasnya provinsi. Sementara luas hutan tanaman industri (HTI) saat ini mencapai 9 juta hektar, tetapi yang baru ditanami seluas 4,3 juta hektar dan luas hutan rakyat 2,3 juta hektar.

Produksi hasil hutan yang paling utama adalah kayu bulat, produksi kayu bulat ini bisa dihasilkan dari hutan alam oleh HPH/IUPHHK, dan IPK. Sedangkan produksi kayu bulat yang berasal dari hutan tanaman melalui HTI dan berasal dari hutan rakyat biasanya memiliki umur relatif masih muda antara 5 - 20 tahun. Pemakaian kayu muda tersebut memerlukan perlakuan perlakuan sehingga sifat dan kegunaan mirip seperti kayu yang berasal dari hutan alam, atau bisa juga mencari kayu alternatif yang selama ini belum
banyak dikenal oleh masyarakat atau beredar didunia perdagangan.

Informasi hasil penelitian tentang sifat dan kegunaan kayu sangat  diperlukan oleh industri perkayuan, sebagai pemecahan permasalahan- permasalahan yang timbul dalam pemakaian kayu yang berumur muda.

Infomasi teknologi pengolahan kayu yang disampaikan pada Warta Hasil Hutan kali ini meliputi: Pengolahan kayu pilang sebagaia lternatif bahan baku mebel, Pemanfaatan limbah kayu olahan dengan mekanisme sambungan Finger Joint, Sifat dan pemanfaatan serat sisal sebagai biokomposit polimer, serta gagasan,pengalaman dan liputan kegiatan Pustekolah lainnya.

Kepada para pembaca, redaksi menyampaikan selamat membaca dan juga menunggu kiriman artikel dan hasil liputan kegiatan terkait bidang keteknikan kehutanan dan pengolahan hasil hutan lainnya guna penerbitan Warta Hasil Hutan edisi berikutnya.
 
Selengkapnya silahkan unduh di lampiran berikut ini: 
Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )