Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 Forpro Volume 1 Nomor 2

Hutan tropika Indonesia di dalamnya banyak ditumbuhi keanekaragaman hayati. Dari segi manfaatnya keberadaan hutan kita telah banyak memberikan andil bagi kehidupan dan kemajuan Negara. Disamping keanekaragaman hayati yang terdapat dalam hutan juga terdapat air dan bahan tambang lainnya.

Keaneka ragaman hayati tersebut merupakan suatu mata rantai yang tidak boleh saling terputus satu sama lain sehingga kesinambungan dan sinkronisasi kehidupan dalam hutan terus berjalan. Apabila satu mata rantai terganggu bahkan terputus akan menimbulkan gangguan untuk mata rantai kehidupan selanjutnya. 

Ditengah-tengah semakin meningkatnya penggunaan sumberdaya hutan seperti kayu, kulit, getah, akar untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, sementara cadangan yang ada di dalam hutan semakin berkurang baik itu jumlah maupun keragamannya. Kekurangan dan kelangkaan keanekaragaman ini terutama kayu perlu ada proteksi dan jalan keluarnya. Pustekolah sebagai lembaga penelitian dibidang keteknikan kehutanan dan pengolahan hasil hutan telah banyak menghasilkan informasi teknis dan rekayasa alat untuk pengolahan hasil hutan.

FORPRO terbitan edisi Vol. 1, No 2 tahun 2012 kali ini mengetengahkan artikel yang berjudul:
1) Pemanfaatan buah tengkawang sebagai bahan industri lanjutan,
2) Mengenal penggerek kayu dilaut melalui pengujian, 3) Kualitas minyak kayu putih dari Wasur Papua, 4) Potensi beberapa hasil hutan bukan kayu sebagai bahan baku Biodiesel, 5) Cara pengeluaran kayu berada di medan yang sulit, 6) Mengatasi organisme perusak kayu (OPK) dengan proses pengawetan dan 7) Energi organik dari batang sawit.

Naskah, artikel dan informasi yang dimuat merupakan hasil dari penelitian, observasi, opini maupun pengalaman. Mudah-mudahan semua yang disampaikan ini dapat menjadi pembanding, 
ispirasi, dan tambahan wawasan bagi pembaca. Untuk penerbitan majalah ilmiah FORPRO edisi berikutnya kami tunggu naskah/artikel dari pembaca, juga saran dan masukannya untuk perbaikan.
 
Selengkapnya silahkan unduh lampiran dibawah ini: 
Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )