Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 Identifikasi Kayu: Ciri Mikroskopik Untuk Identifikasi Kayu Daun Lebar

Daftar ciri mikoskopik untuk identifikasi kayu daun lebar ini merupakan pengganti "Standard List of Characters Suitable for Hardwood Identification" terbitan 1981 (IAWA Bulletin n.s.2: 99-145) dengan keterangan mengenai prosedur pengkodean oleh R.B. Miller. Publikasi tahun 1981 sangat mendorong pertukaran informasi dan pengalaman internasional mengenai ciri-ciri yang cocok untuk identifikasi kayu daun lebar, dan mengilhamkan banyak debat dalam prosedur pengkodean dan program identifikasi yang paling diidamkan. oleh karena itu pada pertemuan IAWA selama Kongres Botani Internasional XIV di Berlin tahun 1987, diputuskan untuk merevisi daftar standar tahun 1981 itu. karena perkembangan berkesinambungan dalam teknologi komputer dan pemrograman. disepakati untuk membatasi lingkup daftar baru pada definisi, penjelasan, dan ilustrasi deskriptor anatomi kayu, dari pada berkonsentrasi dalam prosedur pengkodean.

Suatu Komite baru ditunjuk oleh Dewan IAWA untuk menyusun daftar baru, dan syukur atas sumbangan yang memadai dari USDA Competitive Research Grant-Wood Utilization Program (Grant No. 88-33541-4081), suatu Rapat Kerja diselenggarakan oleh Komite pada tanggal 2-7 Oktober 1988, di Departemen Ilmu Kayu dan Kertas, North Carolina State University, Raleigh, NC, USA, dibawah payung bersama IAWA dan Divisi 5 IUFRO. Suatu daftar awal sudah disiapkan selama rapat kerja. Angota IAWA diundang untuk memberikan komentar pada daftar ini, dan komentar tersebut sangat menolong dalam penyiapan daftar baru. Daftar yang disajikan disini telah disetujui setelah draft terdahulu diperiksa kembali dan dikonsultasikan secara ekstensif antara anggota Komite.

Sekalipun daftar ini mempunyai 163 ciri anatomi dan 58 ciri lain, ini bukanlah suatu daftar lengkap meliputi semua pola struktural yang ditemukan dalam kayu daun lebar. Sebaliknya ini dimaksudkan sebagai suatu daftar ciri yang ringkas berguna untuk tujuan identifikasi. Juga, nomor yang digunakan pada setiap ciri dalam daftar sekarang ini tidaklah dimaksudkan untuk melayani sebagai referensi yang mudah dan membantu menerjemahkan data dari suatu program/basis data ke yang lain nya.

kayu dan sel kayu adalah elemen biologi, dibentuk dalam pohon, semak dan tumbuhan merambat untuk memenuhi fungsi fisiologi atau mekanis. Walaupun ada lebih banyak ragam diskrit dalam struktur kayu dari pada dalam banyak organ tumbuhan lainnya, juga banyak ragam kontinyu, dan setiap upaya menggolongkan keragaman ini ke ciri yang terdefinisikan dengan baik, mesti mengandung unsur artifisial. Namun kami yakin bahwa dalam ciri yang disajikan disini ambiguitas deskriptor sudah dibatasi ke tingkat minimum, dan kami berharap bahwa kolega masa kini dan masa mendatang yang berkecimpung dalam identifikasi kayu dan anatomi kayu deskriptif akan mendapatkan daftar ini sebagai referensi dan pedoman yang berharga.

Selengkapnya silahkan unduh di lampiran berikut:

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )