Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 Teknologi Tepat Guna Pembuatan Arang, Briket Arang dan Tungku Hemat Energi

Semakin meningkatnya harga bahan bakar minyak (BBM) di pasar internasional akan mempengaruhi keadaan perekonomian negara Indonesia yang sejak beberapa tahun terakhir menjadi net importer BBM. Mengantisipasi krisis BBM tersebut, Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan, diantarannya dalam bentuk Peraturan Presiden RI Nomor 5 Tahun 2006, untuk mencari alternatif pengganti BBM antara lain dengan bahan bakar hayati (biofuel). Berdasarkan Peraturan Presiden tersebut telah ditargetkan bahwa pada tahun 2025 penggunaan energi nasional. Oleh karena itu akhir-akhir ini banyak dikembangkan energi alternatif seperti biodisel, bioetanol dan gasohol.

Mendukung program pemerintah di atas Departemen Kehutanan melalui Keputusan Menteri Kehutanan Nomor SK. 345/Menhut-II/2006 telah membentuk TIM Pengembangan Biomassa Dalam Menunjang Kebutuhan Energi Nasional. Kebijakan ini didasarkan atas kenyataan bahwa di kawasan hutan dan kegiatan hutan terdapat banyak biomassa yang merupakan sumber energi yang melimpah dan terbarukan. Disamping itu, budaya masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di Pedesaan, diperkirakan 60% menggunakan kayu bahan bakar sebagai sumber energi dengan volume 0,5 m3 per bulan per keluarga.

Menindaklanjuti kebijakan-kebijakan di atas, maka Pusat Litbang Hasil Hutan sebagai anggota Tim Pengembangan Biomassa dan sebagai lembaga yang memiliki informasi dan teknologi berkewajiban untuk mendiseminasikan paket-paket teknologi yang berkaitan dengan energi biomassa antara lain tentang Teknologi Tepat Guna Pembuatan Arang, Briket Arang dan Tungku Hemar Energi yang disajikan dalam bentuk booklet. dengan adanya booklet ini diharapkan masyarakat luas dapat mengetahui dan menguasai pengolahan energi biomassa sehingga pada akhirnya mengurangi ketergantungan kepada BBM.

Akhir kata, kami menyampaikan penghargaan dan mengucapkan terima kasih kepada penulis dan kontributor lainnya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kemajuan masyarakat Indonesia, dan kepada para pembaca kami mengucapkan selamat mempelajari dan mempraktekkan. 

Selengkapnya silahkan unduh di lampiran berikut: 

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )