Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 Pedoman Perawatan Gergaji

Pedoman Perawatan Gergaji Bundar yang telah diterjemahkan rnasih terbatas pcnggunaannya, yaitu hanya bisa dimengerti oleh operator gergaji yang berpengalaman. Hal ini disebabkan oleh rata bahasa dan istilah­-istilah teknis penggergajian yang masih baku sehingga perlu dijelaskan maksud dan tujuannya secara lebih rinci dan terarah. Di sisi lain, pengetahuan praktis mengenai perawatan gergaji bundar ini sangat diperlukan oleh pengusaha sawmill baik yang berskala kecil, menengah maupun besar, di mana gergaji bundar ini paling banyak digunakan pada setiap usaha yang bergerak di bidang penggergajian dan pengolahan kayu di Indonesia.

Mengingat hal-hal tersebut di atas, pada buku Pedoman Perawatan Gergaii Bundar cetakan pertama perlu dilakukan beberapa perubahan penyempurnaan yang meliputi :

1. Perubahan format dan rata letak buku, yang hanya menampilkan naskah hasil terjemahannya tanpa mencantumkan lagi teks asli dalam bahasa Inggris dengan maksud pembaca lebih terfokus terhadap isi pesan buku ini.

2. Perubahan pada beberapa istilah asing atau istilah teknis berbahasa lnggris yang kurang memasyarakat, dengan maksud agar pengetahuan praktis yang terkandung dalam buku ini menjadi lebih mudah dipahami, diserap dan diterapkan oleh rnasyarakat luas terutama oleh para operator gergaji. Akhirnya, saya menyampaikan penghargaan kepada Prof. Riset. Dr. Ir, Osly Rachman M.S. yang telah menyunting kembali untuk cetakan kedua dan dengan bantuan rekan-rekan lainnya sehingga buku ini dapat tersaji, semoga penerbitan buku ini lebih banyak membantu industri penggergajian dan pengolahan kayu di Indonesia.

 Selengkapnya silahkan unduh di lampiran berikut

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )