Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 Forpro Volume 2 Nomor 1

Keanekaragaman jenis sumberdaya hutan selain kayu pada hutan tropis Indonesia sangat banyak jenisnya yang dapat dijadikan sebagai komoditi untuk bahan industri maupun dalam rangka memenuhi kebutuhan dan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar hutan. Komoditas tersebut seperti getah, akar, umbut, kulit, daun dan fauna yanglazimdisebut hasil hutan bukan kayu (HHBK). Dalam rangka peningkatan nilai tambah industri HHBK sangat diperlukan inovasi dan sentuhan teknologi sehingga menjadikan komoditas HHBK tersebut nilai dan manfaatnya menjadilebih meningkat dan menjadi sumber devisa baginegara.
 
PUSTEKOLAH sebagai lembaga riset senantiasa mencari inovasi dan solusi untuk peningkatan nilai HHBK tersebut melalui berbagai kegiatan percobaan penelitian dan pengkajian. Beberapa informasi IPTEK tentang HHBK dikemas dalam bentuk naskah/artikel dan kami sampaikan kehadapan pembaca seperti apa yang tertuang pada FORPRO terbitan edisi Vol 2, No 1 tahun 2013. Kali ini menyajikan beberapa artikel yaitu: 1. Pengembangan Ekspor HHBK;2.HHBK Minyaklemak, Potensi yang perlu dikembangkan; 3. Beberapa Catatan Mengenai Hasil Hutan dalam Sistim Agroforestry; dan 4. Mengenal Tumbuhan Kratom. Selain itu kami sisipkan pula beberapa artikel tentang; Pengawetan kayu, SNI, Pengukuran warna kayu dan uji penetrasi Boron secara sederhana.
 
Pemuatan naskah/artikel pada edisi terbitan kali ini semoga dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi pembaca yang akan dan sedang melakukan kegiatan yang serupa, sehingga mendapatkan hasil sesuai yang di-harapkan, ataupun sebagai tambahan informasi yang berharga bagi pembaca secara umum. 
 
Pada tahun 2013 ini tidak terasa setahun sudah usia majalah FORPRO ini lahir dan hadir dihadapan pembaca. Menginjak pada usia tahun kedua ini Redaksi FORPRO berusaha untuk tetap menyajikan IPTEK tentang keteknikan kehutanan dan pengolahan hasil hutan, dan mempertahankan apa yang sudah baik serta memperbaiki segala yang masih kurang berdasarkan saran dan masukan pembaca. Masukan dan saran pembaca terhadap terbitan edisi kali ini sangat diharapkan guna perbaikan dan kesempurnaan terbitan Majalah FORPO edisi berikutnya.
 
Selengkapnya unduh dilampiran berikut: 
Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )