Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 Atlas Rotan Indonesia Jilid I

Sejak 30 tahun terakhir ini Indonesia diperkirkan merupakan pemasok 70-85% bahan baku rotan dunia. Jika bahan baku tersebut tetap tersedia dan Indonesia dapat mengekspor hanya barang jadi saja, maka diyakini komoditi ini akan banyak memberikan devisa bagi negara yang berarti pula dapat memberikan lapangan kerja yang cukup signifikan bagi masyarakat yang terkait dengan pengusahaan rotan ini. salah satu aspek yang perlu dikuasai untuk mencapai cita-cita tersebut adalah perlunya pemahaman yang tepat mengenai pengetahuan botani tentang rotan tersebut berikut pemahaman mengenai kualitasnya dalam industri. Pengetahuan ini sangat bermanfaat dalam  mengembangkan pengolahan industri pengrajin rotan, budidaya dan pengusahaan yang berkelanjutan. Untuk tujuan itulah Buku Atlas Rotan Indonesia ini disusun dan disebarluaskan di kalangan institusi, pengusaha, dan pengguna rotan lainnya.

Atlas Rotan Indonesia merupakan hasil kerjasama antar Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan dan Konservasi Alam, LIPI serta beberapa perguruan Tinggi. Oleh karena itu, data yang digunakan untuk menyusun buku ini  terutama berasal dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada instansi tersebut dan meterial yang telah maupun yang belum dipublikasikan. Tujuan buku ini adalah memperkenalkan informasi botani, sifat dan kegunaan jenis rotan yang telah dipedagangkan.

Buku ini menyajikan risalah 10 jenis rotan berisi data dan informasi mengenai botani, sifat serta kegunaan rotan. Pada jenis tertentu kadang dijumpai informasi yang kurang lengkap, karena penelitian tentang jenis tersebut belum dilakukan dan datanya memang belum tersedia. Kepada semua pihak yang telah membantu terlaksannya penyusun dan penerbit buku ini penyusun mengucapkan terima kasih. Semoga bermanfaat bagi masyarakat yang memerlukannya. 

Selengkapnya silahkan unduh di lampiran berikut: 

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )

XYLARIUM BOGORIENSE 1915.