Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

Detail Peneliti

Nama Peneliti : Drs. Agus Ismanto
NIP : 19590827 198603 1 002
Tempat/Tanggal Lahir : Magelang, 27 Agustus 1959
Alamat : Komp. IPB I Jl. Wijaya Kusuma No. 5 Sindangbarang Loji, Bogor
Unit Kerja : Puslitbang Hasil Hutan
Email : ismanto_agus@yahoo.com
Jabatan Fungsional : Peneliti Utama
Bidang Kepakaran : Pengolahan Hasil Hutan
Bidang Penelitian : Pengendalian Serangga Perusak Kayu
Disiplin Ilmu : Biologi
Pangkat/Golongan : Pembina Utama Madya, Gol. IV/d
Info Karir
Mulai bekerja di Badan Litbang Kehutanan (Pusat Litbang Hasil Hutan) sebagai tenaga honorer sejak tahun 1983, dan diangkat sebagai CPNS sejak tahun 1986. Pada tahun 1987 – sekarang menjadi peneliti di bidang Pengolahan Hasil Hutan, dengan subyek penelitian utama pengendalian serangga perusak kayu. Posisi yang diduduki sekarang adalah jabatan fungsional sebagai Peneliti Utama. Gelar Sarjana Biologi, Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada diperoleh pada tahun 1982. 
 
Penelitian yang dilakukan sejak 1986 yaitu bidang teknologi hasil hutan dengan keahlian pengolahan hasil hutan dalam penelitian bidang serangga perusak kayu, seperti  rayap, bubuk kayu kering. Penelitian yang telah dilakukan antara lain melakukan penelitian sebaran dan populasi rayap tanah, penelitian sebaran rayap kayu kering, sebaran bubuk kayu kering, melakukan pengujian efikasi bahan pengawet kayu terhadap rayap dan bubuk kayu kering, melakukan pengujian keawetan kayu terhadap rayap dan bubuk kayu kering dan melakukan pengujian keawetan hasil hutan bukan kayu yang berlignoselulosa (rotan, bamboo, palma) terhadap rayap dan bubuk kayu kering.
 
Pelatihan dan kegiatan ilmiah terkait dengan kompetensi yang pernah diikuti antara lain: Wood Industries Technology pada tahun 1990 di Selangor Malaysia, Technical Writing pada tahun 1991 di Bogor dan bambo technology pada tahun 2001 di Hangzhou Cina.
 
Sampai dengan saat ini telah menghasilkan 76 karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal/buletin ilmiah, abstrak, laporan dan prosiding baik jurnal nasional maupun internasional.
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )