Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

Detail Peneliti

Nama Peneliti : Dian Anggraini Indrawan, S.Hut., MM
NIP : 19800514 200604 2 005
Tempat/Tanggal Lahir : Bogor, 14 Mei 1980
Alamat : Jl. Raya Sindangbarang No.400 (102), Bogor, 16117
Unit Kerja : Kelompok Peneliti Pengolahan Kimia Energi dan Hasil Hutan Bukan Kayu
Email : elisabethdianreza@gmail.com
Jabatan Fungsional : Peneliti Muda
Bidang Kepakaran : Ilmu Kayu dan Teknologi Hasil Hutan
Bidang Penelitian : Pulp dan kertas
Disiplin Ilmu : Kehutanan
Pangkat/Golongan : Penata, Gol. III/c
Info Karir

Mulai bekerja di Badan Litbang Kehutanan (Pusat Litbang Hasil Hutan) pada tahun 2006 sebagai CPNS. Pada tahun 2007 menjadi PNS Pusat Litbang Hasil Hutan pada tahun 2008 - sekarang mutasi menjadi peneliti di bidang Pengolahan Hasil Hutan, dengan subyek penelitian pulp dan kertas. Posisi yang diduduki sekarang adalah jabatan fungsional sebagai Peneliti Pertama.

Gelar sarjana kehutanan diperoleh tahun 2003 dari Institut Pertanian Bogor. Magister manajemen agribisnis diperoleh tahun 2005 dari Institut Pertanian Bogor. Penelitian yang dilakukan sejak 2009 yaitu bidang teknologi hasil hutan dengan keahlian Pengolahan Hasil Hutan dalam penelitian bidang pulp dan kertas, antara lain penelitian pembuatan dan kualitas karton seni dari campuran pulp tandan kosong kelapa sawit, sludge industri kertas dan pulp batang pisang, penentuan daur teknis optimal dan faktor eksploitasi kayu hutan tanaman jenis eucalyptus hybrid sebagai bahan baku pulp kertas, pemanfaatan limbah industri pulp dan kertas untuk mengatasi issu lingkungan dan sosial, kemungkinan pengolahan limbah kayu pertukangan menjadi pulp dan kertas dengan penerapan minimisasi penggunaan air proses.

Pelatihan dan kegiatan ilmiah terkait dengan kompetensi yang pernah diikuti antara lain:

Seminar nasional teknologi mendukung industri hijau tahun 2011 di Bogor, Gelar hasil litbang Balitbanghut tahun 2011 di Bogor, Presentasi karya ilmiah kenaikan jenjang fungsional peneliti tahun 2011 di Bogor, seminar teknologi pulp dan kertas dengan tema mewujudkan industri hijau pada produksi pulp dan kertas Indonesia tahun 2011 di Bandung. Sampai dengan saat ini telah menghasilkan 6 karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal/buletin ilmiah, abstrak, laporan dan prosiding nasional.

Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )

XYLARIUM BOGORIENSE 1915.