Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

Detail Peneliti

Nama Peneliti : Dra. Gusmailina, M.Si.
NIP : 19570801 198603 2 001
Tempat/Tanggal Lahir : Medan, 01-08-1957
Alamat : Jl. Puspa Langka No.13 Blok W. VIII Taman Cimanggu, Bogor
Unit Kerja : Puslitbang Hasil Hutan
Email : gsmlina@ipal.com, gsmlina@gmail.com
Jabatan Fungsional : Peneliti Utama
Bidang Kepakaran : Pengolahan Hasil Hutan
Bidang Penelitian : Bioteknologi, Lingkungan dan Pengolahan Hasil Hutan
Disiplin Ilmu : Biologi dan Lingkungan
Pangkat/Golongan : Pembina Utama, Gol IV/e
Info Karir

Mulai bekerja di Badan Litbang Kehutanan (Pusat Litbang Hasil Hutan) sebagai tenaga honorer sejak tahun 1985. Pada Tahun 1986 menjadi CPNS. Pada Tahun 1987 – sekarang menjadi peneliti dibidang Pengolahan Hasil Hutan, dengan subyek penelitian Bioteknologi, Lingkungan dan pengolahan Hasil Hutan. Posisi yang diduduki sekarang adalah jabatan fungsional sebagai Peneliti Utama.

Gelar Sarjana Biologi diperoleh pada Tahun 1983 dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas Padang. Magister Sains diperoleh pada Tahun 1995 Institut Pertanian Bogor dengan program studi ilmu pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan.

Penelitian yang dilakukan sejak 1987 yaitu bidang Teknologi Hasil Hutan dengan keahlian Pengolahan Hasil Hutan dalam penelitian bidang Bioteknologi, lingkungan dan Pengolahan Hasil Hutan, antara lain penelitian Pengelolaan dan Pemanfaatan limbah untuk pupuk organic, pemanfaatan limbah untuk biogas, kompos dan pupuk organic, peningkatan kualitas kompos menjadi pupuk organic, peranan pohon dalam menyerap dan menyerap polutan, eksplorasi mikroba untuk activator pengomposan, pemanfaatan arang untuk soil conditioning, peningkatan gaharu kualitas rendah, peningkatan nilai tambah getah dryobalanops dan peningkatan minyak nilam kualitas rendah.

Pelatihan dan kegiatan ilmiah terkait dengan kompetensi yang pernah diikuti antara lain:

Training course on Information technologi for Agro businesses for asean countries pada tahun 2003 di Beijing China. Sampai dengan saat ini telah menghasilkan 79 karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal/buletin ilmiah, abstrak, laporan dan prosiding baik jurnal nasional maupun internasional.

Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )